Blogger Jateng

Geografi Manusia dan Cabang Ilmunya

Geografi insan ialah cabang geografi yang bidang kajiananya ialah aspek faktor keruangan tanda-tanda di permukaan bumi dengan manusia selaku objek pokok studinya. Objek pokok studi geografi manusia mencakup faktor kependudukan, aspek aktifitas yang mencakup aspek ekonomi, politik, sosial dan budayanya. 
Berdasarkan pendekatan topik dan struktural dalam melaksanakan studi faktor kemanusiaan maka geografi insan dibagi menjadi beberapa disiplin ilmu yaitu:
1. Geografi Penduduk Geografi Penduduk ialah cabang dari geografi insan yang objek kajiannya adalah faktor keruagan penduduk. Objek studi ini meliputi penyebaran, densitas, perbandingan jenis kelamin, perbandingan manusia dengan luas lahan dan sebagainya.
Dalam geografi penduduk, insan dipelajari sebagai penghuni sebuah ruang atau daerah, dianalisa kualitas dan kuantitasnya sesuai dengan kawasan yang dihuni, dianalisa perbandingan jumlah masyarakatdengan luas lahan yang dihuni, dianalisa penyebaran dan densitasnya dari satu kawasan ke wilayah lain dengan memerhatikan aspek lingkungan geografi yang memengaruhinya serta dianalisa pertumbuhannya sesuai dengan kawasan yang ditempati dan yang lain. 

Dengan kata lain faktor keruangan yang berkaitan dengan manusia selaku penduduk suatu kawasan menjadi materi interpretasi dan evaluasi studi Geografi Penduduk. Baca juga: Peta topografi, tematik dan umum
2. Geografi Ekonomi Geografi Eknomi ialah cabang geografi insan yang bidang kajiannya ialah struktur keruangan aktifitas ekonomi manusia penghuni kawasan. Hal ini memberikan bahwa konsentrasi utama kajiannya yaitu aspek keruangan struktur ekonomi insan. Dari sini lahirlah berbagai teori seperti Central Place Theory, Location Theory, Teori Kutub Pertumbuhan dan lainnya.
Geografi manusia merupakan cabang geografi yang bidang kajiananya adalah aspek aspek kerua Geografi Manusia dan Cabang Ilmunya
Mobilitas Penduduk di Bangladesh
3. Geografi Politik Geografi Politik ialah cabang geografi insan yang bidang kajiannya yaitu aspek keruangan pemerintahan dan kenegaraan yang meliputi hubungan regional dan internasional pemerintahan atau kenegaraan di permukaan bumi. Pada geograif politik, lingkungan geografi dijadikan dasar bagi pertumbuhan dan korelasi kenegaraan.
Bidang kajian geografi meliputi aspek keruangan, aspek politik, aspek hubungan regional dan internasional. Secara ruang lingkup, geografi politk sungguh luas alasannya adalah mencakup empat bidang kajian yakni geografi, sejarah, politk dan korelasi internasional. Baca juga: Sebaran jenis tanah Indonesia
4. Geografi Pemukiman Geografi Pemukiman ialah kajian geografi berkenaan dengan kemajuan pemukiman di suatu wilayah di permukaan bumi. Bahasan yang dibahas pada Geografi Pemukiman yakni bilamana suatu daerah mulai dihuni manusia, bagaimana pertumbuhan pemukiman tersebut sampai membentuk pola tertentu, dan faktor yang memengaruhi perkembangannya. 

Kajian geografi pemukiman sangat erat relevansinya dengan sejarah dan perekonomian sebuah kawasan. Bidang kajian utama geografi pemukiman yaitu sebaran dan korelasi keruangan pemukiman itu sendiri.
5. Geografi Sosial Geografi Sosial ialah cabang geografi insan dengan kajian utama ialah karakteristik penduduk, organisasi sosial, bagian kebudayaan dan kebudayaan. Kajiannya juga mampu didampingi dengan sosiologi dan antropologi. Pemukiman, ras, bahasa dan keperayaan mampu dimasukkan dalam bidang kajian geografi sosial.  Sumber: Geografi Sebuah Pengantar, Iwan Hermawan. 9dirty.com