Blogger Jateng

Ekosistem Padang Lamun dan Karakteristiknya

Padang lamun atau seagrass banyak ditemukan di perairan air asin dangkal di banyak sekali dunia dari tropis sampai arktik. Dinamakan padang lamun alasannya sebagian besar spesies mempunyai warna hijau dan rumput-rumput panjang. 

Meski sering disamakan dengan seaweeds atau rumput laut tetapi sebenarnya padang lamun seperti tanaman berbunga di daratan. Mereka memiliki biji, batang, daun dan menciptakan bunga. Baca juga: Batas lempeng tektonik dan fenomenanya
Mereka berevolusi sekitar 100 juta tahun kemudian dan hari ini ada sekitar 72 spesies lamun yang bertentangan dan digolongkan ke dalam empat golongan utama. Padang lamun merupakan salah satu ekosistem paling produktif di dunia. 

Lamun memberikan habitat dan masakan bagi komunitas yang sangat bermacam-macam mulai dari binatang, invertebrata kecil, ikan besar kepitin, penyu, mamalia maritim hingga burung. 
Aktifitas insan membuat ekosistem Padang Lamun makin rentan kepada kerusakan. Meski padang lamun dan padang rumput bahari tampakseragam/sejenis, namun mereka ialah organisme yang berlawanan. 

Padang lamun termasuk kelompok tumbuhan yang berjenis monokotil mencakup rumput, bunga lili dan palem. Lamun punya daun, akar dan pembuluh darah serta menciptakan bunga dan biji. Baca juga: Bentang alam pesisir dan pantai
banyak ditemukan di perairan air asin dangkal di berbagai dunia dari tropis hingga arktik Ekosistem Padang Lamun dan Karakteristiknya
Ekosistem Padang Lamun
Berikut ini ciri-ciri dari padang lamun: 1. Merupakan berbagai jenis vegetasi bahari berbunga, bukan alga. 2. Banyak hidup di perairan pasang surut terendah dimana cahaya matahari dapat masuk ke badan air dengan maksimum. 3. Banyak ditemukan di daerah Indo-Pasifik barat termasuk Indonesia. 4. Padang lamun lebih senang hidup di pesisir, pecahan karang dan tumpukan lumpur. 5. Lamun berkembang biak dengan memproduksi bunga, buah dan berbagi biji. 6. Punya kaitan dekat dengan ekosistem pesisir lain mirip bakau, terumbu karang. 7. Termasuk ekosistem produktif. 8. Sering ditumbuhi epifit, binatang lunak dan ikan. 9. Beberapa lokasi padang lamun mempunyai gangguan sedimen karena udang dan cacing.
Padang lamun sangat penting dalam mempertahankan keseimbangan kehidupan di bumi ini. Berikut ini beberapa fungsi Padang Lamun. Baca juga: Fungsi lahan bagi kehidupan
banyak ditemukan di perairan air asin dangkal di berbagai dunia dari tropis hingga arktik Ekosistem Padang Lamun dan Karakteristiknya
Vegetasi Padang Lamun
Stabilisasi
Perairan dasar samudera yang tidak ada padang lamun sungguh rentan terhadap arus dan badai. Sistem perakaran lamun membantu menstabilkan dasar bahari dengan cara yang ibarat dengan rumput tanah. Lamun akan mengurangi kekuatan arus di potongan bawah.

Mendukung Ekosistem
Padang Lamun menawarkan kuliner, tempat tinggal dan kawasan pembibitan penting untuk spesies ikan komersial dan invertebrata yang lain. Beberapa spesies mirip kuda laut dapat didapatkan di padang lamun sepanjang tahun sedangkan ikan lainnya bermukim pada ketika masa tertentu.
 
Makanan
Padang lamun memperlihatkan suplai masakan bagi berbagai spesies termasuk Penyu Hijau yang langka. Lumba-lumba botol juga sering tampakmencari makan di kawasan padang lamun. Bakteri yang terdekomposisi menyediakan nutrisi bagi cacing, teripang, kepiting hingga anemon laut. 
 
Area Konservasi 
Padang lamun  relatif kondusif untuk abad hidup ikan dewasa dan invertebrata lain untuk sembunyi dari predator. Larva dan telur dari berbagai ikan bisa meningkat dengan baik sampai beliau menetas di ekosistem padang lamun.
 
Habitat
Selain nyaman untuk ikan remaja, lamun juga sungguh ramah bagi berbagai binatang yang hidup di dasar maritim seperti kerang, udang, cacing, kepiting, echinodermata, bintang laut sampai landak bahari. Mereka mampu mengubur diri di dsar sedimen laut untuk menghindari arus laut dan gelombang yang kuat. 
 
Kualitas Air
Lamun menolong memerangkap sedimen halus dan partikel tersuspensi dalam air sehingga akan menjernihkan air. Jika tidak ada padang lamnun kadang kurun arus dan gelombang akan mengaduk sedimen dan mengeruhkan air maritim dan memengaruhi sikap binatang di dalamnya. Limbah dari darat juga mampu disaring oleh lamun dalam batas toleransi tertentu.
 
Ekonomi 
Meski tidak menjadi komoditas eksklusif yang dibudidayakan, namun padang lamun bisa meberikan bahan baku untuk komoditas industri yang lain seperti perikanan dan wisata alam. Ada juga beberapa masyarakatyang menciptakan perternakan kerang di tempat ini. Baca juga: Geografi patahan Lembang Bandung

Gambar: oceanbites.org,  ocean.si.edu