Blogger Jateng

Dimana Terumbu Karang Bisa Hidup?

Terumbu karang atau coral reefs terbentuk dari polip karang yang dihasilkan dari laisan kalsium karbonat yang ada di bawah tubuh mereka. Karang yang mampu membentuk struktur keras diamakan "hard" coral. Sementara karang lunak mirip kipas laut dan cambuk bahari tidak bisa menciptakan terumbu. 

Mereka adalah organisme yang fleksibel dan kadang ibarat tumbuhan atau pohon. Karang lunak tidak mempunyai kerangkan watu dan tidak senantiasa memiliki zooxanthellae. Mereka bisa didapatkan di laut tropis maupun hambar dan di penggalan terdalam samudera.
Polip karang yang membangun karang mampu bertahan hidup dengan membentuk hubungan simbiosis dengan ganggang mikroskopis yang disebut zooxanthellae. Polip menyediakan tempat hidup ganggang sementara zooxanthellae menciptakan fotosintesis yang menciptakan kuliner bagi karang. 

Karang juga mampu menjadi predator, mereka memperpanjang tentakel mereka di malam hari dan menangkap organisme kecil yang kebetulan mengambang. Sel penyengat yang disebut nematocyst mampu membunuh organisme yang melalui. Mangsa lalu dipindahkan ke mulut polip dan dicerna dalam perut mereka. 
Jenis binatang dan tanaman di laut juga berkontribusi kepada pembentukkan struktur karang. Banyak ganggang, rumput bahari, spons, bahkan moluska seperti tiram mampu memperbesar arsitektur terumbu karang. Ketika organisme ini mati, mereka berfungsi sebagai bahan dasar bagi karang yang baru.
terbentuk dari polip karang yang dihasilkan dari laisan kalsium karbonat yang ada di bawah Dimana Terumbu Karang Bisa Hidup?
Terumbu Karang Banyak Terdapat di Daerah Tropis
Apa yang diharapkan terumbu karang untuk hidup? Sinar matahari Karang perlu berkembang di perairan dangkal dimana sinar matahari mampu menjangkau mereka. Karang sungguh bergantung pada ganggang yang hidup dalam badan mereka untuk pemasok oksigen dan yang lain. Karena itu ganggang perlu sinar matahari untuk bertahan hidup. Karang jarang meningkat di perairan dengan kedalaman lebih dari 50 m. Air jernih Karang memerlukan air yang jernih yang memungkinkan sinar matahari bisa menembus badan air. Terumbu tidak berkembang baik kalau air keruh. Sedimen dan plankton mampu mengeruhkan air sehingga menghemat jumlah sinar matahari yang mencapai ganggang. Suhu air hangat Karang dapat tumbuh di perairan hangat dengan suhu berkisar antara 20-32 derajat C. Air higienis Karang sungguh sensitif kepada polusi dan sedimen. Sedimen bisa menciptakan air keruh dan disimpan ke badan karang dan menghancurkan polip. Air limbah yang mengandung banyak nutrisi juga dapat menimbulkan rumput bahari berkembang terlalu banyak diantara karang. Air Asin Karang perlu air asin untuk bertahan hidup dan memerlukan kesimbangan tertentu dalam rasio kadar garam. Inilah sebabnya karang tidak tinggal di muara sungai.
terbentuk dari polip karang yang dihasilkan dari laisan kalsium karbonat yang ada di bawah Dimana Terumbu Karang Bisa Hidup?
Peta Sebaran Terumbu Karang Dunia
Terumbu karang ditemukan hampir di lebih dari 100 negara. Kebanyakan terumbu karang terletak diantara lintang tropik utara dan tropik selatan, di Samudera Pasifik, Samudera Hindia, Laut Karibia, Laut Merah, Teluk Persia. 

Karang juga didapatkan jauh dari ekuator dimana arus hangat mengalir keluar dari tempat tropis seperti Florida dan selatan Jepang. Di semua penjuru dunia, terumbu karang menutupi sekitar 284,3 ribu kilometer persegi.
Gambar: d15h3ts9pue03r.cloudfront.net, coral.org