Blogger Jateng

Contoh Satelit Buatan Manusia

Bumi ini punya dua satelit, ialah satelit alami dan satelit buatan. Satelit alami atau bulan yaitu benda langit yang beredar mengitar suatu planet. Satelit produksi yaitu pesawat antariksa tak berawak produksi manusia yang diluncurkan pada sebuah ketinggian tertentu untuk mengorbit mengitari sebuah planet dan mengemban misi tertentu.
Menurut aplikasi atau fungsinya, satelit terbagi menjadi: 1. Satelit komunikasi 2. Satelit cuaca 3. Satelit navigasi 4. Satelit penelitian sumber daya Bumi 5. Satelit observasi 6. Satelit militer
Satelit Komunikasi Satelit ini berfungsi memperlihatkan pelayanan radio dan televisi serta telekomunikasi kepada sebagian besar kawasan di bumi. Satelit ini juga digunakan untuk memberitakan keterangan-info pendidikan dan kesehtan ke desa-desa terpencil. Ada dua macam satelit komunikasi yaitu: 1. Satelit pemantul, berfungsi selaku pemantul atau reflektor bagi sinyal-sinyal mikro dari stasiun pemancar bumi. 2. Satelit pengulang, berfungsi selaku penguat dan pemantul ulang sebuah sinyal yang diterima. Satelit ini memiliki alat pemancar ulang yang dinamakan transponder.
Contoh satelit komunikasi ialah satelit Telstar, Sinkron dan Early Bird, pemancar Amerika Serikat; Satelit internasional Intelsat; Satelit seri Anik Kanada; Satelit Molniya Rusia dan satelit Palapa Indonesia.
 Satelit alami atau bulan adalah benda langit yang beredar mengitar sebuah planet Contoh Satelit Buatan Manusia
Satelit Landsat
Satelit Cuaca Satelit ini bertugas mengantardata-data terinci tentang awan, angin, suhu dan yang lain. Satelit cuaca yang pertama ialah Tiros 1 yang diluncurkan Amerika Serikat pada 1 April 1960. Sejak dikala itu sepuluh satelit Tiros telah diluncurkan dan kameranya sudah menciptakan foto cuaca terbesar yang pertama di dunia.
Satelit cuaca milik Amrika Serikat berikutnya ialah satelit Nimbus 1, diluncurkan 28 Agustus 1964. Nimbus 6, yang diluncurkan 12 Juni 1975 sukses mengukur radiasi di atmosfer bumi, suatu data yang penting sekali untuk menentukan dinamika cuaca bumi.
Pada tanggal 13 April 1994, Badan Antariksa Amerika Serikat NASA sukses menempatkan satelit cuaca tercanggih di dunia dalam orbit bumi untuk menggantikan satelit Goes. Satelit Goes ini diluncurkan pada tahun 1987 dan sudah lewat batas usianya sehingga dikhawatirkan bisa rusak. 

Satelit Goes yang baru ini diluncurkan ke orbitnya oleh roket Atlas. Satelit Goes gres ini diharapkan untuk prakiraan cuaca saban hari, utamanya untuk mengikuti jalur angin puting-beliung.
Satelit Navigasi Satelit ini berfungsi selaku alat penolong bila kapal-kalap menemui kesusahan untuk menentukan posisinya karena cuaca buruk atau visibilitas rendah alasannya kabut. Navigator yang mengalami kesulitan menelepon satelit navigasi yang mengorbit. Satelit juga akan menjawab melalui radio perihal posisi kapal sehingga navigator dapat mengetahi posisi kapal secara sempurna.
Satelit navigasi milit Angkatan Laut Amerika Serikat yakni satelit seri Transit. Satelit Transit 1B ialah satelit pertama Amerika Serikat diluncurkan pada tanggal 13 April 1960.
Satelit Penelitan Sumber Daya Bumi Satelit jenis ini contohnya yaitu Landsat dan Quickbird. Satelit Landsat pertama diluncurkan pada tanggal 23 Juli 1972. Sampai tahun 1987 ada empat satelit Landsat lainnya yang telah diorbitkan. 

Landsat mengorbit bumi dan mencatat gambar-gambar bumi secara elektronik. Sinyal-sinyal elektronik ini dikembalikan ke bumi dan oleh komputer diubah menjadi gambar visual. Gambar ini akan dipakai untuk banyak sekali keperluan seperti eksplorasi materi galian atau mineral.
Satelit Penelitan Satelit ini berfungsi meneliti matahari, bintang-bintang, komer, planet dan benda langit yang lain. Yang termasuk satelit jenis ini yaitu Pegasus, Explorer, Vanguard. Seri Pegasus mampu melaporkan kebocoran yang disebabkan benturan meteorit sehingga menolong para insinyur untuk merancang dinding pesawat antariksa yang memiliki kemampuan menahan benturan meteorit. Seri Explorer memperlihatkan data ihwal radiasi, medan magnet dan gelombang radio di luar angkasa.
 Satelit alami atau bulan adalah benda langit yang beredar mengitar sebuah planet Contoh Satelit Buatan Manusia
Satelit Tiros
Satelit Vanguard 1 yang diluncurkan pada 17 Maret 1958 merupakan satelit pertama yang bertugas menyelidikai bumi dan sukses memperlihatkan bahwa bumi ini berupa agak lonjong, pepat di kedua kutub dan agak elips di sekitar khatulistiwa.
Observatorium Orbital Matahatri yang antara lain berisikan seri Explorer dan Sseri Pioneer secara intensif sudah melakukan observasi kepada matahari. Penelitian-pengamatan diadakan terhadap partikel lidah api, sinar, korona, dan angin matahari. 

Pada tahun 1981, sebuah satelit Explorer Mesosfer diluncurkan untuk mempelajari imbas matahari bagi formasi dan perusakan ozon di atmosfer bumi pecahan atas
Satelit Militer Satelit ini dipakai untuk tujuan-tujuan rahasi militer da memata-matai negara musuh. Dua negara yang menguasai satelit ini ialah Amerika Serikat dan Rusia. Satelit Midas milik AS mampu menyaksikan peluncuran peluru kontrol melalui penggunaan sensor inframerah.

Satelit Samos bisa menyaksikan perincian sekecil-kecilnya instalasi nuklir Rusia  Rusia juga punya satelit Cosmos yang mampu mengambil gambar lapangan udara, pabrik amunisi dan tempat peluncuran kendali milik Amerika Serikat.
Satelit Palapa Indonesia punya satelit komunikasi yang dinamakan seri Palapa. Selama pengabdiannya semenjak 1976 kemudian sampai sekarang, Indonesia telah meluncurkan tiga generasi satelit Palapa adalah generasi A (dua seri, Palapa A-1 dan Palapa A-2). dan generasi B lima seri. Pada Februari 1996, sudah dilurkan satelit Palapa generasi C yatu C-1 yang disusul oleh seri lain.
Dilihat dari daya jangkaunya, generasi Palapa-B yang hanya menjangkau daerah ASEAN, Palapa-C mempu mencakup kawasan Asia Pasifik. Ke utara mampu menjangkau Cina, ke timur menjangkau Jepang, ke barta menguasai Iran dan Vladivostok dan ke selatan meliputi Australia dan Selandia Baru.
Gambar: eospso.nasa.gov, www.gearthblog.com