Blogger Jateng

Bioma Wilayah Perairan

Air merupakan jembatan diantara lima bioma di bumi dan menjadikannya menjadi serpihan terbesar dari biosfer adalah mencakup 75% dari permukaan bumi. Wilayah Perairan yaitu rumah dari banyak jenis spesies flora dan binatang baik yang kecil hingga yang terbesar. 

Bahkan, perairan ialah tempat dimana kehidupan dimulai milyaran tahun kemudian dikala asam amino mulai timbul di bumi. Bioma perairan mampu digolongkan menjadi dua tempat utama adalah perairan tawar seperti sungai dan rawa dan perairan maritim mirip samudera dan estuaria.
Wilayah Air Tawar Air tawar atau freshwater ialah perairan yang punya kadar garam rendah, lazimnya kurang dari 1%. Tumbuhan dan binatang di perairan tawar akan mengikuti keadaan dengan kondisi kadar garma rendah dan tidak bisa bertahan hidup di tempat dengan konsentrasi garam tinggi. Ada berbagai jenis perairan tawar diantaranya kolam, danau, sungai dan rawa. 
1. Kolam dan Danau Kolam atau danau mempunyai ukuran dari mulai hanya beberapa meter persegi sampai ribuan kilometer persegi. Kolam dan danau tersebar di seluruh bumi dan beberapa ialah sisa dari glasiasi zaman Pleistosen. 

Banyak bak berjenis musiman dan terisi air beberapa bulan saja sementara danau mungkin mampu eksis selama ratusan tahun atau lebih. Kolam dan danau mungkin memiliki spesies yang terbatas alasannya mereka sering terisolasi satu sama lain dari sumber airnya yaitu sungai dan maritim. 

Danau dan bak dibagi menjadi tiga zona berlawanan yang lazimnya diputuskan oleh kedalaman dan jarak dari pantai.

Suhu sungguh bermacam-macam di kolam dan danau bertipe musiman. Selama demam isu panas, suhu bisa berkisar dari 4⁰ C akrab dasar hingga 22⁰ C di potongan permukaan atas. Selama info terkini cuek, suhu bisa dibawah 4⁰ C sementara belahan atasnya mampu 0⁰ C atau es. Berbagai hewan dan tumbuhan dapat didapatkan di bak dan danau mulai dari teratai, eceng dondok, ikan-ikan, sampai serangga air.
Air merupakan jembatan diantara lima bioma di bumi dan membuatnya menjadi bagian terbesar  Bioma Wilayah Perairan
Sungai merupakan ekosistem air tawar
2. Sungai
Sungai ialah suatu fatwa air yang bergerak di satu saluran alami. Sungai mampu didapatkan dimana-mana selama ada sumber air baik itu dari mata air, gletser atau air hujan. Sungai mempunyai kenampakan yang berlawanan dari hulu sampai hilirnya. Aliran air di potongan atas sangat deras dengan batuan yang besar, sementara kian ke hilir sungai kian melebar dengan sedimentasi yang makin tinggi. 

Beberapa sungai ialah habitat ikan-ikan mirip Piranha, Salmon sampai Arwana. Sungai juga menawarkan kemudahan angkutanvital bagi manusia mirip Sungai Kapuas, Barito, Themes, Nil dan yang lain.

3.  Lahan Basah atau Rawa
Lahan Basah merupakan daerah tanah yang tergenang air dan banyak ditumbuhi vegetasi di atasnya. Bunga bakung, cemara hitam, kayu ulin merupakan beberapa teladan vegetasi yang hidup di lahan basah. 

Lahan berair tidak dianggap ekosistem air tawar alasannya adalah ada beberapa lahan berair yang memiliki kadar salinitas yang cukup tinggi. Kondisi ini mensupport berbagai spesies seperti udang, kerang dan banyak sekali rumput.

Perairan Laut
Lautan mencakup 70% permukaan bumi termasuk samudera, terumbu karang dan muara. Lautan menyimpan berjuta keragaman spesies yang masih menjadi misteri untuk dipecahkan insan.

1. Lautan
Perairan asin ini ialah ekosistem paling besar di planet ini. Ada beberapa zona kehidupan di lautan mulai dari intertidal, pelagis, abisal dan bentos. Semua zona punya keragaman spesies yang berlawanan dan unik.

Perairan dangkal menyimpan taman-taman terumbu karang dan padang lamun yang ialah habitat ikan-ikan, udang, kepiting sampai kura-kura. Perairan laut dalam menyimpan organisme unik yang mempunyai cahaya dan tahan kepada suhu ekstrim seperti Angler Fish dan Cacing Laut.
Air merupakan jembatan diantara lima bioma di bumi dan membuatnya menjadi bagian terbesar  Bioma Wilayah Perairan
Biota Laut Dalam
2. Terumbu Karang
Terumbu karang tersebar luas di perairan dangkal yang hangat. Karang terbentuk dari jaringan polip. Karang bersimbiosis dengan alga untuk mensuplai makanannya. Beberapa binatang hidup di dalam karang seperti ikan badut dan udang. Terumbu karang banyak didapatkan di tempat Tropis hangat. 

3. Muara
Muara adalah kawasan pertemuan antara air maritim dengan air tawar. Hal ini menciptkan ekosistem yang unik dan khas. Mikroflora mirip ganggang dan macroflora seperti rumput maritim, rumput rawa dan pohon bakau mampu ditemukan disini. Cacing, kepiting, tiram dan unggas air juga mampu didapatkan disini.

Gambar: triplepeak.com, realmonstrosities.com