Blogger Jateng

Bioma Tundra di Bumi

Tundra ialah bioma terdingin diantara semua bioma yang ada di dunia. Tundra berasal dari kata Finlandia tunturia  yang mempunyai arti polos tanpa pohon.  Ini didasari dari kenampakan beku yang ada disekitarnya dengan suhu rendah, sedikit presipitasi, nutrisi jelek, dan verbal dominan tanam yang pendek. 

Bahan organik mati berfungsi sebagai bak nutrisi. Dua nutrisi utama di tempat tundra yaitu nitrogen dan fosfor.  Nitrogen dibuat oleh fiksasi biologis dan fosfor dibuat oleh curah hujan. Tundra dipisahkan menjadi dua jenis: tundra Arktik dan tundra Alpine. Baca juga: Tipe-tipe ekosistem air tawar
Berikut ini ciri-ciri khusus bioma tundra: 1. iklim yang sungguh dingin 2. keanekaragaman mahluk hidup sedikit 3. struktur vegetasi sederhana 4. drainase sangat terbatas 5. animo berkembang dan reproduksi yang pendek 6. energi dan nutrisi dalam bentuk bahan organik yang mati 7. populasi insan sedikit dan terisolir
Bioma Tundra Arktik Tundra Arktik terletak di bab bumi utara, melingkari kutub utara dan meluas ke selatan hingga konifer. Arktik dimengerti acuh taacuh mirip kondisi gurun. Musim tanam berkisar antara 50-60 hari. 

Suhu demam gosip dingin rata-rata -34 derajat C namun suhu animo panas rata-rata 3-12 derajat C yang memungkinkan bioma ini untuk mempertahankan hidupnya. Curah hujan mampu beragam di banyak sekali kawasan Arktik.
Curah hujan tahunan, tergolong lelehan salju berkisar dari 15-25 cm. Tanah di tundra terbentuk perlahan. Sebuah lapisan subsoil beku permanen atau permafrost terbentuk di sana. 

Ketika lapisan air permukaan atas telah jenuh, rawa dan bak dapat terbentuk menawarkan kelembaban bagi vegetasi di atasnya. Tidak ada tata cara perakaran jauh ditemukan disini tetapi beberapa tnaaman bisa beradaptasi dengan kehidupan di kawasan dingin ini. Ada sekitar  1.700 jenis vegetasi hidup di Arktik dan Sub Arktik diantaranya:
- semak-semak, lumut hari dan rerumputan - 400 varietas bunga-bungaan - lichen
Tundra Arktik di verbal lebih banyak didominasi masbodoh
Semua jenis tumbuhan yang diubahsuaikan dengan angin dan gangguan tanah yang ada di sana. Tanaman hidup pendek dan berkumpul bareng untuk melawan suhu ekstrim dan dilindungi salju selama animo dingin. Mereka dapat melaksanakan fotosintesis pada suhu rendah dan intensitas cahaya rendah. 

Musim panen lebih pendek dan pada umumnya tumbuhan meningkat biak dengan tunas ketimbang pembuahan seksual. Fauna Arktik juga beragam diantaranya caribou, tupai, rubah, serigala, beruang kutub, ikan cod, salmon, burung elang, gagak, sampai serangga mirip nyamuk, lalat dan belalang. Banyak binatang yang tidur panjang atau hibernasi saat lisan lebih banyak didominasi masbodoh datang. Gambar: inhabitat.com
Bioma Tundra Alpen Tundra Alpen terletak di pegunungan seluruh dunia dengan elevasi dimana pohon tidak bisa berkembang. Musim tanam berkisar sekitar 180 hari. Suhu malam hari biasanya menjangkau titik beku. Berbeda dengan tundra Arktik, tanah di Alpen sungguh kering. 

Vegetasi tundra mencakup rumput tussock, semak kecil berdaun dan pohon kerdil. Sementara jenis hewan yang hidup diantaranya marmut, kambing gunung, rusa, belalang, kupu-kupu, burung grouselike dan domba. Gambar: colorado.edu
Tundra Alpine di animo semi