Blogger Jateng

5 Planet Yang Kemungkinan Dihuni Alien

Ada jutaan bahkan mungkin milyaran dan mungkin lagi triliunan planet di alam semesta ini tetapi Bumi menjadi satu-satunya planet yang mampu dihuni oleh kehidupan yang kompleks. Lalu bagaimana planet-planet yang lain di alam semesta ini?.

Apakah ada kemungkinan mahluk lain hidup di sana?. Para ilmuwan menerka hingga saat ini ada setidaknya 5 planet berpotensi yang mungkin mampu dihuni oleh Alien.
Ada jutaan bahkan mungkin milyaran dan mungkin lagi triliunan planet di alam semesta ini n 5 Planet Yang Kemungkinan Dihuni Alien
5 Planet Alien
1. Gliese 581g Planet kerikil ini ditemukan pada September  2010. Gliese 581g, berjarak sekitar 20 tahun cara dari Bumi dengan ukuran dua hingga tiga kali lebih besar dari Bumi. Planet ini berputar mengelilingi bintang induknya setiap 30 tahun sekali. 

Jarak dengan bintang induknya membuat planet tersebut masuk klasifikasi "habitable zone" sehingga kemungkinan air bahkan kehidupan bisa eksis disana.
2. Gliese 667Cc Planet ini didapatkan pada Februari 2012 oleh tim yang serupa dengan penemuan Gilese 581g. Planet kemerahan ini berjarak 22 tahun cahaya di arah konstelasi bintang Scorpion. Massa planet ini sekitar 4.5 kali massa Bumi dan mengorbit setiap 28 hari.  Paling tidak ada satu planet lain lagi yang mengitari bintang induk dari planet Gliese 667Cc.
3. Kepler-22b Planet ini didapatkan oleh NASA pada Desember 2011. Planet Kepler punya lebar 2.4 kali planet Bumi. Jika imbas rumah kaca terbentuk di Kepler maka permukaan planet tersebut bisa menjangkau 22 derajat C dan memungkinkan alien-alien hidup.
4. HD 85512b Planet ini merupakan planet kebumian lain dengan ukuran 3.6 kali Bumi. Planet Alien ini didapatkan pada jarak 35 tahun cahaya dari Bumi di arah konstelasi Vela. Planet ini punya perkiraan suhu permukaan 25 derajat Celcius sehingga memungkinkan adanya suatu unit kehidupan.
5. Gliese 581d Planet ini punya massa tujuh kali lebih besar dari Bumi dengan orbit sama dengan kembarannya yakni Gliese 581d. Ketika 581d pertama kali didapatkan pada 2007, banyak ilmuwan menduga planet ini terlalu hambar untuk dihuni kehidupan. 

Namun selesai-selesai ini, astronomi memperkirakan bahwa ada efek rumah beling di palnet tersebut sehingga suhu permukaannya mampu hangat seperti Bumi. Gambar: universetoday