Blogger Jateng

Zealandia, Benua Yang Terlahir Kembali

Nampaknya, jumlah benua di bumi sekarang bertambah dengan datangnya Zealandia. Zealandia merupakan benua kecil (microcontinent) panjang dan sempit, berada sebagian besar karam di Samudera Pasifik cuilan selatan.
Microcontinent adalah suatu daratan yang telah patah dari benua utama atau induknya. Zealandia memisahkan diri dari Antartika sekitar 100 juta tahun kemudian dan berpisah dari Australia sekitar 80 juta tahun kemudian.
Zealandia memiliki luas setengahnya dari Australia namun cuma 7 persen yang muncul ke permukaan maritim. Sebagian besar daratan membentuk dua pulau besar adalah Selandia Baru, Pulau Utara dan Pulau Utara dan Pulau Selatan. 

Stewart Islan sempurna berada di sebelah selatan Pulau Selatan dan banyak pulau kecil yang merupakan penggalan dari benua kecil ini. Kaledonia gres yang merupakan koloni Perancis menjadi ujung utara dari Zealandia.
Zealandia lazimnya memiliki iklim sedang hangat. Pulau terbesar mempunyai gletser dan yang paling besar adalah Tasman Glacier di Pulau Selatan. Aktifitas glacial terakhir membuat banyak fyord dan lembah. Iklim tropis terdapat di Kaledonia baru yang punya kesamaan dengan Oceania di Pasifik Selatan.
 jumlah benua di bumi kini bertambah dengan hadirnya Zealandia Zealandia, Benua Yang Terlahir Kembali
Zealandia, benua baru di bumi
Aktifitas Vulkanik Zealandia masuk kawasan tektonik aktif dan masuk pada lempeng Australia sementara pecahan yang lain masuk lempeng Pasifik. Bagian utara Zealandia sungguh bersifat vukanis tinggi. Ada enam gunung api aktif (volcano) dan yang paling besar ialah Taupo Volcanic Zone di Pulau Utara.
Aktifitas geotermal disebabkan oleh interaksi antara lempeng Australia dengan Pasifik. Banyak geyser dan sumber air panas tersebar di seluruh Zealandia. Baik di utara maupun selatan pulau memiliki gugusan pegunungan membentang lewat tengah pulau. 

Pulau Utara didominasi Plato Vulkanik Pulau Utara sementara pegunungan di Pulau Selatan adalah Alpen Selatan. Kedua pegunungan semakin tinggi akibat adanya proses uplift atau pengangatan sebab gaya tektonik konvergen.
Perairan Zealandia Perairan Zealandia kaya akan kandungan mineral meskipun pemerintah Selandia Baru mengawasi aktivitas eksplorasi di perairan tersebut. Ladang gas alam banyak juga ditemukan di seluruh Zealandia. Ladang gas alam Maui di Laut Tasman merupakan yang paling besar.
Perairan Zealandia punya peluanguntuk ilmu wawasan dan bisnis. Selama era glasial permukaan laut turun dan daratan Zealandia banyak berada di permukaan bahari. Fosil dasar bahari menjadi petunjuk kehidupan benua tersebut di kala lalu. 

Beberapa usulangeolog untuk mengimpulkan benua baru ini yaitu: - ketinggian daratan disekitarnya - geologi yang khas - kerak benua lebih tebal dari kerak maritim - daerah yang bisa dibedakan dengan benua lain 
Sumber: NG, BBC, www.nature.com