Blogger Jateng

Upaya Pelestarian Lingkungan Berkelanjutan

Lingkungan hidup dikala ini sungguh rentan dengan kerusakan karena adanya dominasi insan. Pelestarian lingkungan hiudp harus dilaksanakan agar keseimbangan kehidupan di bumi senantiasi terjaga. 

Pelestarian lingungan merupakan secara harfiah bisa diartikan selaku serangkaian upaya untuk menlindungi kesanggupan lingkungan hiudp kepada tekanan perubahan dan efek negatif yang ditimbulkan oleh aneka macam peristiwa agar tetap mampu mendukung kehidupan mahluk hidup.
Berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup antara lain: 1. Upaya Pelestarian Hutan Contoh upaya yang dilakukan lewat penerapan tata guna lahan, melaksanakan tebas pilih, reboisasi dan tata cara tumpang sari. Sistem tumpang sari dijalankan dengan cara menanam flora pangan diantara pohon keras. 

Setelah lima ahuan saat pohon meningkat besar maka sistem tumpang sari tidak dijalankan lagi. Selain itu pelestrian hutan juga mampu dilaksanakan dengan cara membuat zonasi peruntukan hutan biar tidak sembarang pilih dialihfungsikan atau ditebang untuk kepentingan tertentu.
2. Upaya Pelestarian Flora Fauna Upaya pelestarian juga harus dijalankan pada aneka macam varietas orisinil flora, contohnya Anggrek Bulan dan Padi Jeni Cianjur atau jenis tanaman endemik yang terancam punah seperti Harimau Sumatera. Pembangunan cagar alam atau penangkaran satwa dibutuhkan bisa menjaga keberlangsungan hidup tumbuhan dan fauna yang sudah terancam punah.
Lingkungan hidup saat ini sangat rentan dengan kerusakan karena adanya dominasi manusia Upaya Pelestarian Lingkungan Berkelanjutan
Manajemen Sampah Modern
3. Upaya Pelestarian Tanah dan Sumber Daya Air Pelestarian sumber daya tanah dan air mampu dikerjakan dengna cara menghalangi pencemaran dan meminimalkan penggunaan air. Mekanisme pembuangan limbah pabrik harus jelas dan tidak boleh eksklusif dialirkan ke sungai atau tanah sebab akan menghancurkan di kemudian hari. Sampah juga mesti dibuang ke tempatnya dan dilarang dibuang ke terusan air atau di pinggir jalan.
4. Upaya Pelestarian Sumber Daya Udara Udara sangat penting bagi kehidupan alasannya adalah di dalamnya ada oksigen yang dibutuhkan mahluk hidup untuk bernafas. Pelestarian udara mampu dilaksanakan dengan cara menghemat limbah asap ke udara dan memperbesar julam ruang terbuka hijau terutama di perkotaan. 
Lalu bagaimana tugas kita di rumah biar ambil serpihan dalam upaya pelestarian lingkungan hidup? 1. Matikan listrik bila tidak digunakan. 2. Mengurangi penggunaan pupuk kimia dan insektisida. 3. Menghemat penggunaan air di rumah. 4. Membuang sampah pada tempatnya dan dipisahkan berdasarkan jenisnya. 5. Menamam bibit pohon secara berkala. 6. Tidak membang limbah rumah tangga ke selokan depan rumah. 7. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. 
Gambar: http://roar.lk