Blogger Jateng

Struktur Kubah Garam (Salt Dome)

Kalian pasti tahu apa itu garam kan?. Namun tahukah bahawa ada struktur kubah garam di bumi ini?. Kubah garam atau salt dome merupakan gundukan atau kolom garam yang telah menerobos lapisan sedimen permukaan bumi. 

Kubah garam dapat terbentuk dari cekungan sedimen dimana lapisan garam tebal ditutupi oleh sedimen yang lebih muda dengan ketebalan yang cukup besar.
Jika keadaan memungkinkan, kubah garam bisa naik ribuan kaki muncul sampai ribuan kaki dari lapisan garma paling bawah. Perkembangan kubah garam bisa merusak lapisan batuan yang nantinya menjadi cebakan minyak dan gas. Ada setidaknya dua faktor yang memengaruhi terbentuknya kubah garam yakni:
- sedimen garam terkubur ribuan meter di dalam bumi. - garam memiliki kesanggupan untuk mengalir dan berganti wujud saat berada dalam tekanan tinggi.
 Namun tahukah bahawa ada struktur kubah garam di bumi ini Struktur Kubah Garam (Salt Dome)
Struktur Kubah Garam
Di Indonesia sendiri hingga dikala ini belum ada indikasi keterdapatan kubah garam alasannya adalah lingkungan geologi yang tidak mendukung. Kubah garam sering dijadikan ladang tambang garam dan sulfur. Selain itu sifat kedap dari garam menciptakan kawasan ini penting untuk penyimpanan bawah tanah atau pembuangan limbah berbahaya.
Untuk membentuk kubah garam, tekanan garam harus cukup tinggi untuk memungkinkan mendobrak lapisan sedimen di atasnya. Ini berkaitan dengan kendala yang ada disekelilingnya mirip kekuatan batuan gaya gesek dan gravitasi yang menolak pengangkatan.
Dua sumber tekanan yang membuat kubah garam ialah tekanan dari sedimen di atasnya dan tekanan lateral tektonisme. Jika area tidak stabil atau lemah meningkat di atas lapisan sedimen, garam bisa bergerak dan mengusik lapisan di atasnya. Melemahnya permukaan sedimen mampu diakibatkan retakan, berkembangnya antiklin, sesar atau abrasi. 
 Namun tahukah bahawa ada struktur kubah garam di bumi ini Struktur Kubah Garam (Salt Dome)
Kubag Garam Sir Bani Yas UEA
Setelah garam mengalir, maka ia akan terus merangsak naik ke permukaan bumi. Aliran akan berhenti dikala garam sudah berada pada ketinggian dimana kondisi kesetimbangan timbul. 
Kubah garam dapat memiliki struktur yang besar. Inti kubah garam menjangkau 1/2 mil hingga 5 mil. Batuan induk sumber kubah garam mampu memiliki ketebalan ratusan sampai ribuan kaki. Kubah garam jarang meraih permukaan bumi dan cuma membentuk struktur cembung dari atas permukaan tanah.
Kubah garam sungguh penting selaku reservoir minyak dan gas alam, belerang, sumber garam dan daerah penyimpanan. Banyak negara kaya seperti Uni Emirat Arab menjadi kaya sebab disana terdapat kubah garam yang menjadi ladang minyak. 

Saat kubah garam tumbuh, minyak akan bermigrasi ke zona cebakan. Kubah garam pertama kali ditemukan di Texas pada 1900 lewat eksplorasi minyak di Spindletop Hill. Baca juga: Potensi air tanah dalam dan permukaan

Gambar: NASA, oldearthmygod