Blogger Jateng

Situ atau Danau Eksotik di Kabupaten Tasikmalaya

Situ merupakan bahasa Sunda dari danau. Danau pada dasarnya ialah suatu cekungan yang terisi oleh air baik terbentuk secara alami maupun bikinan manusia. Ada banyak danau di Indonesia ini dan salah satu kawasan yang punya kenampakan danau eksotik di Indonesia dalah Kabupaten Tasikmalaya. 

Secara fisiografi, Tasikmalaya memiliki kontur yang didominasi oleh perbukitan dan jika ditelusuri akan banyak ditemukan situ atau danau-danau tersembunyi di balik perbukitan tersebut. Berikut ini danau-danau cantik yang ada di Tasikmalaya dan mampu dijadikan lokasi travelling anda.
1. Situ Sanghyang Situ Sanghyang merupakan danau alami yang terletak di Desa Cilolohan dan Cibalanarik, Kecamatan Sukaraja. Kalau dari rumah aku, situ ini cukup akrab sekitar 4 km. Dari kota Tasikmalaya, Situ Sanghyang berjarak sekitar 25 km dan anda bisa lewat dua rute yaitu melalui Sukaraja kemudian belok kanan ke arah Mangunreja, atau melalui Singaparna kemudian belok kiri dari Mangunreja.  

Situ Sanghyang memiliki luas kurang lebih 16.7 ha. Situ Sanghiyang mempunyai panorama asri dengan bukit-bukit hijau disekitarnya. Situ ini telah diatur oleh pihak pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan sekarang memiliki kemudahan berbentukgazebo dan warung-warung makan. Jika anda kegemaran mancing, anda boleh menjajal mancing disini dengan menyewa rakit bambu.
 Danau pada dasarnya merupakan sebuah cekungan yang terisi oleh air baik terbentuk secara  Situ atau Danau Eksotik di Kabupaten Tasikmalaya
Panorama Situ Sanghyang
Beberapa waktu cukup umur ini, disekitar situ ditemukan situs purbakala berupa batu berukir atua prasasti. Warga setempat menyakini bahwa daerah Situ Sanghiyang dahulu ialah daerah Kerajaan Galuh dan Kerajaan Sung Gentong. 
2. Situ Denuh Situ ini tampaknya sungguh jarang didengar oleh masyarakat. Situ Denuh berlokasi di Desa Cikuya Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya. Situ Denuh berjarak sekitar 70 km dari kota Tasikmalaya dan untuk menjangkaunya harus lewat wilayah pegunungan selatan. Situ ini berada di daerah pegunungan yang niscaya mendatangkan situasi kesejukan alami. 

Anda tinggal menuju arah Cipatujah dari kota Tasikmalaya laludari Bantarkalong nanti belok ke kanan menuju Culamega. Di sekitar situ terdapat beberapa situs seperti Situs Tugu, Situs Bale Kembang, Situs Lemah Badong, Goa Potong Kujang, Goa Binuang, Goa Cikuda Hilang, Goa Pasir Leungit dan makam Eyang Jatnaka. Bagi yang ingin merefresh otak dari penatnya kegiatan rutin, maka berkunjung ke Situ Denuh mungkin mampu anda pertimbangkan. Baca juga: Ke Nglanggeran yuk! Lihat lava purba
 Danau pada dasarnya merupakan sebuah cekungan yang terisi oleh air baik terbentuk secara  Situ atau Danau Eksotik di Kabupaten Tasikmalaya
Kesejukan Situ Denuh
3. Situ Cilangla Situ Cilangla berlokasi di Kecamatan Taraju. Situ ini juga berada di kawasan pegunungan yang disekitarnya terdapat perkebunan teh. Untuk menuju situ ini anda harus melaluii Singaparna kemudian belok ke kiri di pertigaan menuju Taraju. Berbagai wahana permainan air juga ada di sini.
 Danau pada dasarnya merupakan sebuah cekungan yang terisi oleh air baik terbentuk secara  Situ atau Danau Eksotik di Kabupaten Tasikmalaya
Situ Cilangla Tasikmalaya
Saya sendiri belum pernah mendatangi Situ Denuh dan Situ Cilangla, kalau Sanghyang telah sering. Mudah-mudahan jika kembali ke Tasik nanti mampu ke sana.

Gambar:  tetenmu.files.wordpress.com abisyihab.files.wordpress.com Flickr