Blogger Jateng

Sensasi Pedas Tahu Gejrot Cirebon

Saya pertama kali berbelanja Tahu Gejrot dikala dahulu masih kecil, umur nya lupa lagi yang jelas antara Sekolah Dasar kelas 4-6. Waktu itu ada tukang tahu gejrot yang dagang keliling rumah setiap sore hari. Pertama beli memang sebab penasaran dan sekali coba ternyata rasanya nendang sekali. 

Tahu gejrot ialah jajanan khas kota Cirebon yang sudah populer dan sungguh menggoyang pengecap. Baca juga: Jalan-jalan ke Nglanggeran
Tahu gejrot ini pada dasarnya merupakan tahu pong yang disiram oleh kuah asam elok pedas. Bahan bumbunya pun sederhana adalah garam, gula merah, terasi, cabe, bawang putih dan bawang merah. Semua bumbu digerus diatas mangkuk kecil dari tanah liat. 
Setelah itu tahu dimasukan dan diaduk dengan kuah yang hingga ketika ini aku belum mengenali bahannya apa (tentu saja ada gula merah). 

Mungkin kuah ini menjadi belakang layar tersendiri sehingga menciptakan tahu gejrot selalu menggungah selera. Perpaduan kuah dengan bumbu dapur Indonesia yang meresap ke dalam tahu membuat sensasi yang mahir.
Saya pertama kali membeli Tahu Gejrot saat dulu masih kecil Sensasi Pedas Tahu Gejrot Cirebon
Tahu Gejrot Dulu Coy
Belasan tahun sudah berlalu, sekarang saya telah pindah-pindah kerja dari mulai ke Banjarmasin kemudian kini berlabuh di kota Bekasi. Dulu saat masih di Banjarmasin, aku menerima tukang jualan tahu gejrot di daerah wisata masakan Banjarmasin, harganya 10 ribu satu takaran, mahal sekali. Baca juga: Segarnya Telaga Nilem di Kaki Ciremai
Namun sesudah saya pindah ke Bekasi, ternyata di sini tukang tahu gejrot banyak mangkal dengan gerobak dorong. Harga satu porsinya murah adalah 5 ribu saja, jikalau mau nambah mampu juga. 

Tentu selaku pecinta kuliner, aku tak melewatkan untuk mencicipnya, khususnya sesudah pulang kerja. Kuliner nusantara ini memang sangat bermacam-macam dan tahu gejrot khas Cirebon memang tidak ada duanya.