Blogger Jateng

Pertumbuhan Penduduk Dunia Waktu ke Waktu

Penduduk dunia saat ini semakin pesat dan akan terus meningkat seiring majunya peradaban. Berdasarkan data Bank Dunia, jumlah populasi dunia dikala ini menyentuh angka 7 Milyar jiwa. 

Pencatatan tentang pertumbuhan manusia mulai ada di tahun 1650 an. Menurut sejarahnya ada lima fase kemajuan populasi di dunia.
Penduduk dunia saat ini semakin pesat dan akan terus bertambah seiring majunya peradaban Pertumbuhan Penduduk Dunia Waktu ke Waktu
Pertumbuhan Penduduk Dunia Masa ke Masa
Periode 1650 - 1800 Pada masa ini diperkirakan populasi dunia sekitar 900 juta jiwa dengan tingkat kemajuan 0.4% per tahun. Ciri pada masa ini antara lain: mulai berkembangnya teknik pertanian, pabrik-pabrik mulai dibangun dengan teknologi sederhana, kemudahan dan prasarana transportasi mulai dibangun dan kondisi politik negara-negara di dunia relatif stabil
Periode 1800 - 1850 Dalam era ini, populasi duni meningkat sekitar 33% dan ditandai dengan kejadian berikut: meningkatnya tatanan politik dan ekonomi negara, kesadaran akan lingkungan mulai membaik sehingga tingkat kesehatan meningkat, mulai dikembangkannya program keluarga berniat.
Periode 1850 - 1900 Fase ini memiliki ciri: mulai dilakukannya sensus masyarakatdi negara Eropa, peningkatan produktifitas manusia karena kemajuan IPTEK, fertilitas di banyak sekali negara mulai menurun.
Periode 1900 - 1930 Pada periode ini. Perang Dunia I berkecamuk dan teladan kemajuan masyarakatdunia dibagi kedalam 3 zona yakni: - tempat Amerika Serikat dan Eropa Barat pertumbuhan populasi mulai terkendali. - tempat Eropa Timur, Afrika Utara, Amerika Latin dan Jepang, angka pertumbuhan penduduknya masih tinggi. - kawasan diluar zona tadi pertumbuhan orangnya tidak terkendali.
Periode 1930 - sekarang Masa ini merupakan kala ledakan masyarakatdunia. Mengapa demikian?. Berikut aspek nya: - abad perang dunia rampung - pelayanan kesehatan pendidikan meningkat - inovasi obat dan antibiotik - teknologi semakin pesat berkembang - tingkat kesejahteraan meningkat - banyak sekali kuliner minuman gres banyak didapatkan Baca juga: Menghitung sex ratio dan dependency ratio
Gambar: econosystemics.com