Blogger Jateng

Perbedaan Geografi dan Geologi

Dua ilmu ini pada dasarnya mempelajari tentang Bumi, tetapi ada perbedaan fundamental antara geografi dan geologi. Sebagai pecahan awal, mari kita lihat dua kata permulaan pembentuknya.
Geo merupakan bumi sementara grafi artinya gambaran, sementara logi artinya ilmu atau studi. Oleh sebab itu geografi adalah studi ihwal kenampakan bumi sementara geologi yakni studi ihwal penggalan dalam bumi.
Lalu apa lagi perbedaan antara geografi dan geologi?. Banyak, namun lebih mudah untuk melihat geografi dan geologi secara terpisah supaya bisa mengetahui kajian masing-masing ilmu.
Apa itu Geografi? Geografi adalah bidang studi yang bekerjasama dengan kenampakan bumi contohnya laut, pegunungan dan negara-negara di bumi. Seorang mahasiswa geografi lebih lanjut akan mempelajari bagaimana permukaan bumi ini dibedakan, bagaimana aspek kepadatan penduduk, sebaran vegetasi, industri dan tata guna lahan misalnya. 
Untuk membuat studi ini lebih gampang dikaji maka geografi dibagi menjadi dua cabang utama yakni: - Geografi insan - Geografi fisik
Bagaimanapun, geografi bisa dikalsifikasikan ke banyak cabang yang mewakili faktor pembentuk bumi dan lingkungan. Contohnya manusia, geografi fisik dan geografi regional.
Geografi manusia melihat relasi manusia dan pengaruhnya terhadap perubahan lingkungan bumi. Ini mencakup kepadatan penduduk, sebaran bahasa, politik, agama dan hasil budaya lainnya mirip rumah akhlak.
Faktor penting geografi manusia tergolong ketergantungan manusia kepada lingkungan dan bagaimana manusia memodifikasi dan mengikuti keadaan dengan lingkungan. Fenomena migrasi, pergantian pola pemukiman dan perang menjadi kepingan dari studi geografi insan.
Dua ilmu ini pada dasarnya mempelajari tentang Bumi Perbedaan Geografi dan Geologi
Kepadatan kota Jakarta
Geografi fisik berhubungan dengan karakteristik fisik bumi, mirip permukaan air, iklim, tanah, sebaran bioma dan fauna. Berbagai bentukkan hasil budaya manusia juga masuk di dalamnya mirip pesawahan, jembatan, perkotaan dan pedesaan.
Geografi regional menyaksikan perbedaan kawasan atau region di permukaan bumi menggunakan ebrbagai aspek untuk menentukan perbedaan dan persamaan wilayah. 

Perbandingan itu didasarkan pada karakteristik tertentu mirip jenis tanah, pegunungan, vegetasi, sumber daya alam dan iklim. Geografi regional membantu untuk membagi bumi menjadi berbagai tempat utama sesuai dengan kesamaan mereka.
Apa itu Geologi? Geologi yaitu ilmu yang berkaitan dengan bagaimana bumi ini terbentuk. Kajiannya konsentrasi pada sejarah fisik bumi, kondisi fisik, kimia dan biologi yang telah terjadi, sedang terjadi dan akan terjadi pada bumi ini. Objek kajian geologi seperti batuan, mineral, tanah, cekungan laut, fosil dan gunung api.
Dua ilmu ini pada dasarnya mempelajari tentang Bumi Perbedaan Geografi dan Geologi
Lava erupsi Maona Loa
Geologi mempelajari pula fondasi permukaan bumi yang terkait dengan lempeng tektonik  dan gerakannnya sehingga mengganti struktur kulit bumi dair waktu ke waktu. Hal ini juga terkait dengan gempa, tsunami dan keajaiban alam dunia. Seorang mahasiswa geologi akan mempelajari hal berikut:
- bagaiman bumi tercipta? - bagaima proses-proses yang terjadi di bumi? - mengapa bumi ini dinamis? - bagaimana melihat struktur penyusun bumi? - bagaimana bentuk benua di kurun lalu dan masa depan?
Singkatnya perbedaan geografi dan geologi yaitu: - geografi berafiliasi dengan fenomena di permukaan bumi - geologi lebih melihat apa yang terjadi di dalam bumi dan pengaruhnya bagi permukaan bumi. Baca juga: Potensi air tanah dangkal dan dalam
Gambar: hilo.hawaii.edu, tempo