Blogger Jateng

Pebedaan Utara Peta, Magnetik dan Asli

Utara atau north adalah suatu nama arah mata angin pada kompas. Dalam budaya barat, utara ialah arah utama. Karena itulah utara selalu ditandai dengan panah. Utara lazimdicantumkan pada penggalan atas suatu peta. Dalam navigasi, utara dinyatakan selaku titik awal 0⁰.
Dalam dunia kartografi atau ilmu pemetaan, dikenal tiga macam arah utara yakni: - utara peta (Grid North) - utara bantu-membantu (True North) - utara magnetis (Magnetic North)
adalah sebuah nama arah mata angin pada kompas Pebedaan Utara Peta, Magnetik dan Asli
Perbedaan Utara Magentik dengan Utara Sebenarnya
Utara peta ialah arah utara yang ditunjukkan dengan garis-garis tegak lurus vertikal (sumbu y). Garis ini dihasilkan dari proyeksi bujur dan lintang bumi pada peta sehingga menjadi metode koordinat atau grid. Ini disebabkan bentuk bumi yang bulat sehingga saat dibuat datar, garis bujur yang harusnya bertmu di kutub tidak mampu terjadi. 
Utara bekerjsama ialah kutub utara bumi yang pada peta disimbolkan dengan tanda arah panah atau bintang. Tanda tersebut mengarahkan pembaca ke arah utara bahu-membahu sesuai garis lintang bumi.
Utara magnetis ialah arah yang dihasilkan oleh sudut kompas dari sebuah lokasi tertentu ke arah kutub utara magnetis bumi yang terletak erat Greenland. Sudut yang dihasilkan antar utara sebetulnya dinamakan sudut deklinasi. 
Sumber: sailtrain.co.uk, met.sysu.edu.cn