Blogger Jateng

Manfaat SIG Menganalisa Permainan Sepak Bola

SIG atau Sistem Informasi Geografi ialah suatu alat bantu geografi yang sungguh penting saat ini. Tidak ada fenomena yang tidak mampu dianalisa dengan SIG tak terkecuali sepakbola. Sepakbola ialah permainan taktikal yang didalamnya ada perpindahan pemain dalam satu ruang lapangan dalam 2 x 45 menit. 

Dalam hal ini sepakbola merupakan taktik keruangan dan SIG memiliki peran vital dalam mengenali teladan permain sebuah tim sepak bola diatas lapangan.
Analisis permainan telah menjadi keperluan dalam suatu klub profesional, tim nasional dan dalam saebuah turnamen. Penggunaan Global Positioning System (GPS) telah digunakan dalam pelatihan, dimana ruang lapangan dioptimalkan untuk penempatan pemain yang tepat, melacak gaya permainan dan menyaksikan posisi rekan atau lawan dikala menyerang atau bertahan misalnya.
Data statistik mampu berupa cluster atau acuan garis pemain yang mampu menyaksikan seberapa dekat atau jauh pemain satu sama lain selama pertandingan berlangsung. Data teknik juga memungkinkan tim mengawasi pemain mereka sendiri selama satu animo sehingga akan muncul hasil atau skor selesai untuk pemain bersangkutan dalam satu demam berita.
SIG atau Sistem Informasi Geografi merupakan suatu alat bantu geografi yang sangat penting Manfaat SIG Menganalisa Permainan Sepak Bola
Peta Alur Pemainan Sepak Bola
Cara lain untuk menyelidiki efektifitas permainan ialah dengan mengawasi perubahan posisi seorang pemain terhadap lawannya yang sedang memegang bola. SIG mampu menyaksikan kecenderungan alur serangan suatu tim sehingga akan mendapatkan jalan keluar untuk mengatasinya. 

Data statistik pola gerak pemain di atas lapangan juga mampu menunjukan seberapa berpengaruh musuh, seberapa efektif serangan dan dimana letak kelebihan dan kelemahan musuh. Inilah sumbangsih SIG di bidang olahraga terutama sepakbola yang kini makin maju. 

Saat anda melihat pertandingan di Liga Top Eropa pasti niscaya akan disajikan statistik pertarungan sampai acuan pergerakan pemain di lapangan menit per menit. 
SIG telah menjadi bagian dari bagaimana cara membangun suatu tim sepakbola yang besar. Hal ini terkait dengan investasi tim tersebut di era depan. Pemain yang sekiranya punya kecerdasan ruang gerak yang cantik di lapangan tentu menjadi pilihan pelatih. 

Tidak ada ketika ini prestasi cuma dibangun dengan talenta alamiah saja. Semua ada dukungan teknologi untuk menciptakan pemain menjadi lebih pintar secara spasial dan bisa menyebarkan permainan di atas lapangan.