Blogger Jateng

Jenis dan Sumber Pencemaran Tanah

Tanah yaitu sumber vital bagi kehidupan dan menjadi kawasan hidup manusia. Pencemaran tanah intinya dihasilkan dari adanya campur tangan insan yang berlebihan dalam memakai tanah.

Pencemaran tanah terjadi balasan masuknya materi pencemar berupa padat dan cair ke dalam tanah yang merusak komponen asli tanah. Manusia berperan besar dalam persoalan pencemaran tanah di bumi.
Secara alamiah, tanah hanya mampu terkontaminasi oleh mekanisme pengikisan tetapi mampu diimbangi oleh proses pelapukan produk alami dan pembentukan tanah gres. Perbedaan kualitas tanah pada umumnya dinilai dari keadaan lapisan humus hasil pelapukan dan pembusukan sisa-sisa organisme tanaman di cuilan permukaan tanah. Semakin beragam mahluk hidup di dalam tanah maka kian berkualitas tanah tersebut. 

Baca juga:
30 kota terpadat di dunia, apakah Jakarta masuk? 
Konsep perkumpulan dalam geografi
6 zona persebaran fauna di bumi menurut Wallace
Masalah akan muncul bila tanah mengalami pencemaran sehingga komposisi pembentuk alaminya menjadi berganti dan merugikan mahluk yang hidup di dalamnya. Pencemaran tanah mampu dikategorikan menjadi tiga jenis adalah:
Tanah merupakan sumber vital bagi kehidupan dan menjadi tempat hidup manusia Jenis dan Sumber Pencemaran Tanah
Penggunaan pestisida dapat mencemari tanah
a. Pencemaran langsung Pencemaran in bisa terjadi akhir beberapa aktivitas berikut seperti penggunaan pestisida, pupuk dan kegiatan pertanian lain. Pembuangan limbah seperti oli bekas, merkuri, sisa detergen dan sampah industri juga menjadi sarana pencemaran tanah secara eksklusif. Sampah plastik, kaleng, batu baterai yang mengandung logam berat juga mampu membatasi siklus biokimia di dalam tanah.
b. Pencemaran tidak pribadi Contohnya air yang sebelumya mengandung polutan dari pabrik dialirkan ke dalam tanah. Selain itu sampah logam yang dibuang ke dalam tanah sebuah ketika akan tersiram hujan sehingga mengubah logam menjadi korosif sehingga larutan korosif akan hanyut dan masuk ke dalam tanah. Baca juga: Perbedaan sirkum pasifik dan mediterania
c. Penemaran lewat udara Hal ini dipicu oleh hujan asam yang mengandung senyawa-senyawa polutan yang membentuk asam nitrat dan asam sulfat. Hujan ini akan mengganggu kestabilan ekosistem tanah atau pH tanah  menjadi asam sehingga akar-akar tumbuhan akan susah menyerap unsur hara tanah.
Secara biasa sumber pencemaran tanah mampu diklasifikasikan selaku berikut: 1. Bahan produksi atau bahan polimer, misalkan adanya penggunaan plastik berlebihan, sterofoam yang dibuang sembarangan yakni dilema tersendiri sebab sukar terurai. 2. Pupuk produksi yang dipakai berlebihan akan merusak dan mengusik kestabilan tanah sehingga riskan menjadi tanah kritis. 3. Limbah yang dibuang sembarang pilih ke tanah. 

Baca juga:  
Fenomena pra dan post vulkanisme 
Perbedaan ruang, daerah dan lokasi dalam geografi
Hipotesa terjadinya bumi dan tata surya