Blogger Jateng

Geografi Negara Inggris (England)

Inggris ialah negara yang punya koloni terbesar di dunia. Kadang Inggris sering disamakan dengan United Kingdom (UK) padahal hal tersebut sangatlah berlawanan. Inggris ialah belahan dari Kerajaan Inggris bareng Skotlandia, Irlandia Utara dan Wales. 
Berikut ini deskripsi geografi Inggris Batas Utara   : Skotlandia Batas Barat   : Wales Batas Selatan : Selat Dover Batas Timur  : Laut Utara
Populasi  : 58 juta orang Luas daerah  :130.442 km persegi Ibukota : London Mata uang : Poundsterling
Inggris merupakan negara yang punya koloni paling besar di dunia Geografi Negara Inggris (England)
Peta Inggris via google map
Kondisi Fisik / Geomorfologi Inggris meliputi 65% dari daerah Britania Raya. Sekitar 5.000 tahun lalu Inggris ditutupi oleh hutan lebat. Ratusan tahun kemudian, hutan tersebut dibersihkan oleh masyarakatantik dan sekarang tinggal 10% hutan yang tersisa. 

Kondisi geologi Inggris yang kompleks menjadi aspek beragamnya habitat tanaman dan fauna di Inggris. Inggris ketika ini ialah negara padat dan hanya sedikit lingkungan alami yang tersisa. Satwa liar yang masih hidup yakni mereka yang mampu mengikuti keadaan dengan manusia.
Dataran Inggris banyak dihiasi pegunungan seperti Dataran Tinggi Skotlandia yang hampir tidak tersentuh manusia. Inggris punya 12.429 km garis pantai, tebing-tebing watu, pantai hingga rawa. 
Baca juga:
Geografi Negara Belanda Si Bunga Tulip
Geografi Negara Qatar Si Raja Minyak

Secara geomorfologi Inggris bisa dibagai ke dalam dua zona yaitu Dataran Tinggi dan Dataran Rendah.  1. Dataran Tinggi Zona ini ditandai dengan daerah berbatu, bukit terjal dan bukit-bukit yang ter-erosi dengan lembah-lembah dan dataran yang luas. Daerah dataran tinggi menerimasinar matahari lebih minim sementara curah hujan lebih tinggi.
The Pennine Mountain Range, Cumbrian Mountains dan pegunungan Lake District yaitu kepingan dari Wilayah Pegunungan Tinggi. Beberapa puncak meraih ketinggian 914 m diatas permukaan laut. Devon dan Cornwall terletak di semenanjung (peninnsula) dari Daerah Dataran Tinggi dengan kontur terjal.
Inggris merupakan negara yang punya koloni paling besar di dunia Geografi Negara Inggris (England)
Dataran Rendah di Inggris
2. Dataran Rendah Zona ini memiliki cura hujan sedikit dengan lebih banyak sinar matahari. Tanahnya lebih subur, sangat sesuai untuk pertanian mirip gandum. Daerah ini punya lanskap dengan bukit tidak terlampau tinggi. Penduduk Inggris banyak bertempat tinggal di kawasan dataran rendah meliputi Costwold Hills, Nort Downs dan South Downs. Baca juga: Negara dunia kesatu, kedua dan ketiga
Inggrisa sangat mempergunakan dengan baik pemikiran sungai untuk kemudahan transportasi. Sungai Themes, Sungai Mersey dan Sungai Tyne ialah sungai utama di Inggris dan masing-masing punya pelabuhan resmi di Liverpool, Newcastle dan London. Saat gelombang pasang naik, kapal mampu berlayar sepanjang sungai hingga ke pelabuhang.
Kondisi Iklim Iklim di Inggris bertipe maritim sedang. Musim dingin di Inggris jarang sekali meraih suhu minus derajat, sementara dikala demam isu panas bisa meraih 30 derajat Celcius. Januari dan Februari ialah bulan terdingin dan umumturun salju sementara Juli ialah bulan terpanas. Inggris termasuk daerah yang relatif basah karena lokasinya yang berdekatan dengan Samudera Atlantik menciptakan tanah subur, hijau dan mekar.
Kondisi Sumber Daya Alam Inggris punya sumber daya alam yang cukup banyak mulai dari lahan pertanian dan materi galian seperti batu bara, seng, timah hitam dan bijih besi. Komoditas pertanian penting di Inggris diantaranya kentang dan sayuran di Lanchasire. 

Gandum banyak dibuat di Pegunungan Anglia Timur, Wonchester, Kent dan Devon. Kondisi bahan baku yang minim bikin Inggris masih mengimpor bahan baku dari negara-negara lain.
Inggris merupakan negara yang punya koloni paling besar di dunia Geografi Negara Inggris (England)
Sudut Kota London
Kondisi Sosial Ekonomi Industri di Inggris yang utama ialah besi, peleburan baja, batubara dan tekstil. Manufaktur mobil, produk elektronika dan materi kimia juga menjadi andalan negeri Ratu Elizabeth ini. 

Sekitar 85% masyarakatInggris hidup di perkotaan dibanding pedesaan. Inggris juga menjadi salah satu pusat kebudayaan di Eropa. Perpustakaan terbesar di dunia adalah British Library menyimpah harta karun ilmu pengetahuan ahli. Inggris juga tergolong ramah kepada imigran dari luar. 

Sekarang populasi imigran di Inggris makin meningkat bahkan Islam sendiri meningkat pesat di sana. Di tengah modernitas hidup, Inggris masih memegang teguh kebudayaan lokalnya. Lihat saja bangunan-bangunan di Inggris yang masih bergaya arsitektur Inggris kuno seperti Gedung Parlemen Inggris dan Istana Buckingham. 

Landmark Terkenal Inggris
- Stonehange
- Big Ben
- Istana Buckingham
- Sungai Themes
- Osford University
- British Library  
- Wembley Stadium
  Gambar: 
graphicsmap.com,  www.content.historicengland.org.uk http://s2.favim.com