Blogger Jateng

Contoh Gaya Gesek Yang Menguntungkan Dan Merugikan

Gaya gesek ialah sebuah gaya yang beekerja pada suatu benda yang hendak memperlambat gerak benda tersebut. Jadi jikalau gaya luar tidak diberikan pada sebuah benda tetapi gerak benda menjadi makin lambat maka dapat ditentukan pada benda itu melaksanakan pekerjaan gaya goresan. 

Dalam kehidupan kita gaya ukiran ada yang bersifat menungtungkan dan ada yang bersifat merugikan. Beberapa misalnya akan dijelaskan di bawah ini:
1. Gesekan antara pecahan-kepingan mesin dna koling secara langsung akan menghasilkan panas berlebihan. Ini menjadikan mesin mobil dan kopling cepat rusak sebab aus. Untuk mengatasinya maka mesin kendaraan beroda empat dan kopling diberi oli semoga permukaan-permukaannya terpisah oleh oli sehingga tidak saling bergesekan secara pribadi.
Engsel-engsel pintu dan jendel di rumah harus diberi minyak secara terencana. Dengan memberi minyak maka permukaan-permukaan yang bersinggungan akan menjadi lebih licin. Ini akan mengurangi goresan antara bab-bagian engsel di dikala digunakan. Dengan demikian umur engsel menjadi lebih lama dan juga tidak berbunyi saat engsel digunakna.
2. Gaya goresan antara ban mobil dengan permukaan jalan menjadikan ban mobil cepat aus atau tipis. Gaya gesekan juga menghalangi gerak kendaraan beroda empat. Untuk mengatasinya maka permukaan jalan dibuat lebih licin dengan melapisi permukaan dengan aspal. Lapisan aspal akan meminimalisir gaya gesekan pada mobil sehingga mobil bisa melaju dengan mulus dan cepat.
Gaya gesek adalah sebuah gaya yang beekerja pada suatu benda yang akan memperlambat gerak  Contoh Gaya Gesek Yang Menguntungkan Dan Merugikan
Kereta Maglev
3. Gaya goresan udara pada kendaraan beroda empat menimbulkan mobil tak mampu bergerak dengan kelajuan tinggi. Untuk meminimalkan goresan udara maka desain mobil dibuat aerodinamis atau streamline. Mobil dengan body aerodinamis mampu bergerak lincah lewat udara dengan kelajuan yang tinggi.
4. Gesekan air bahari pada kapal laut akan menghalangi gerak kapal. Untuk mengurangi gaya gesekan ini cuilan kapal yang besentuhan langsung dengan air dipisahkan dengan pelampung berisi udara.
5. Roda kereta yang melaju di atas rel baja mendapat tabrakan sangat besar sehingga kereta tidak mampu meraih kelajuan tinggi. Saat ini para ilmuwan Fisika sedang meneliti perihal superkonduktor yakni suatu material yang tidak memiliki kendala listrik di bawah sebuah nilai suhu tertentu. 

Sperkonduktor ini dapat menolak magnet sehingga dapat mengangkat magnet. Sekarang produknya dapat tampakdari kereta magnet adalah Maglev.
Beberapa acuan gaya ukiran yang menguntungkan di kehidupan yakni selaku berikut: 1. Gesekan menyebabkan kau bisa berlangsung di atas tanah. Seperti telah diterangkan dalam agresi-reaksi, di saat telapak kakimu mendorong tanah ke belakang, ukiran ayng dilakukan tanah pada telapak kakimu mendorong kamu ke depan. 

Jika tanahnya licin, gaya tabrakan tanah pada telapak kakimu sangat kecil. Ini membuat kamu sukat berjaan. Dapat dikatakan bahwa tidak mungkin kau bisa berlangsung kalau tidak ada gaya tabrakan.
Gaya gesek adalah sebuah gaya yang beekerja pada suatu benda yang akan memperlambat gerak  Contoh Gaya Gesek Yang Menguntungkan Dan Merugikan
Gaya Gesek Pada Rem Cakram
2. Ban mobil dibentuk bergerigi supaya gaya gesek permukaan jalan pada ban cukup besar. Ini menciptakan mobil tidak selip atua tergelincir sewaktu melalui jalan yang licin. Juga agar mobil tidak selip di saat di rem berpengaruh pada kecepatan tinggi.
3. Gesekan apda piringan rem sepeda motor digunakn untuk memperlambat kelajuan sepeda motor. Mirip dengan gesekan antara rem karet dan pelek roda juga dimanfaatkan pada proses pengereman sepeda.
4. Seperti sudah dibahas sebelumnya bahwa gesekan udara memperlambat kelajutan jatuh penerjun. Ini membuat penerjun mampu mendarat di tanah dengan selamat. Gambar: skedgo.com, mobilku.org