Blogger Jateng

7 Komponen Peta Geografi

Peta merupakan alat penunjang utama dalam ilmu geografi. Peta mengambarkan kenampakan permukaan bumi dalam bentuk dua dimensi dengan pengembangan 3 dimensi dikala ini. 

Jika kamu punya Atlas di rumah pasti kau akan mendapatkan berbagai macam simbol dalam peta tersebut bukan?.
Supaya berita di peta mampu terbaca dengan baik oleh penggunanya, maka dibutukan kepengkapan atau komponen peta. Paling tidak dibutukan tujuh unsur peta agar mampu menyajikan berita yang bermanfaat.

Baca juga:
Sebaran bioma tundra di bumi 
Model penentuan arah bearing dan azimuth
1. Judul Peta Judul peta ini menggambarkan berita yang hendak dihidangkan di peta tersebut. Judul bisanya ditaruh di samping atua di bawah bila mengikuti persyaratan Badan Informasi Geospasial. Judul peta ditulis dalam karakter Kapital misalnya PETA WISATA KOTA MAJALENGKA.
2. Legenda Merupakan kolom yang menghidangkan keterangan tentang simbol peta. Bagian ini sungguh penting alasannya pembaca bisa tahu objek pada peta dengan menyaksikan legenda peta ini.
Peta merupakan alat pendukung utama dalam ilmu geografi 7 Komponen Peta Geografi
Legenda Peta
3. Skala Skala yaitu perbandingan jarak sebetulnya dengan jarak di peta. Skala ini ada dua jenis ialah skala garis dan skala nominal.  Peta merupakan alat pendukung utama dalam ilmu geografi 7 Komponen Peta Geografi
4. Garis Astronomis Merupakan garis khayal yang berisikan bujur dan lintang. Garis bujur dipakai untuk zona waktu sedangkan lintang untuk menyaksikan penyebaran iklim. Baca juga: Seri reaksi bowen pada batuan
5. Garis Kontur Merupakan garis yang memberikan ketinggian yang serupa dalam peta. Garis kontur ini biasa dipakai dalam peta topografi atau geologi.
6. Tahun Pembuatan Merupakan tahun terakhir pembuatan peta. Peta paling sedikit diperbaharui 5 tahun sekali.
Peta merupakan alat pendukung utama dalam ilmu geografi 7 Komponen Peta Geografi
Sudut Deklinasi Utara Peta
7. Deklinasi Merupakan garis keterangan yang memberikan beda arah utara peta dengan utara magnetik. Sudut deklinasi direvisi 5 tahun sekali. Arah utara bumi selalu ditunjukkan di kutub utara pada peta sementara sumbu magnet bumi bahwasanya ada di dekat Greenland. Sumbu magnet bumi bergeser rata-rata 0,02 detik ke barat atau timur alasannya imbas rotasi.  

Baca juga: Perbedaan lokasi otoriter dan relatif Gambar: princeton.edu, greentrailsmaps.com, alexblock.net