Blogger Jateng

4 Prinsip Sedimentasi (Hukum Steno)

Sedimentasi ialah fenomena lazim di bumi dan beragamnya kenampakan fisik permukaan bumi salah satunya disebabkan oleh proses sedimentasi ini. Dalam geologi, sedimentasi diketahui prinsip "the present is the key  to the past"
Artinya sedimen bisa menjadi kunci untuk membuka segala kejadian yang ada di masa lalu lho sahabat-teman!. Proses eksogen ini memang sangat unik dan menawan untuk diteliti lebih dalam.

Media pengangkut material saat sedimentasi mampu oleh air, udara atau es. Saat sedimentasi terjadi, maka prinsip yang berlaku adalah material yang lebih berat akan terendapkan lebih dahulu dibandingkan material yang ringan. 
Nicolas Steno, seorang ilmuwan/geolog Denmark menerangkan sebuah teori prinsip pengendapan yang dikenali dengan Steno's Law. Ia sangat kesengsem meneliti tentang batuan fosil. 

Pada tahun 1969, Steno mempublikasikan laporan perihal prinsip sedimentasi dimana lapisan yang lebih bacin tanah akan berada di paling dasar dan lapisan yang paling renta akan ada di paling atas. Sumber: wikimedia
Sedimentasi merupakan fenomena umum di bumi dan beragamnya kenampakan fisik permukaan bumi 4 Prinsip Sedimentasi (Hukum Steno)
Prinsip Dasar Sedimentasi
1. Original lateral continuity Prinsip ini menyatakan bahwa sedimen akan terakumulasi secara menyebar, mendatar pada sebuah cekungan atau basin. Lapisan batuan akan meluas hingga hingga terjadinya perubahan atau deformasi.
2. Original horizontality Prinsip ini menyebutkan bahwa lapisan sedimen akan berada di suatu cekungan seperti danau, atau laut dengan pertolongan gravitasi akan membentuk lapisan mendatar mirip kue lapis.
3. Superpotition Jika tidak ada deformasi, maka natural nya lapisan sedimen paling busuk tanah akan berada pada lapisan paling bawah atau dasar.
4. Cross Cutting Ini menyatakan bahwa lapisan batuan yang dipotong oleh sesar atau intrusi batuan beku, maka batuan yang dipotong harus lebih bau tanah dibanding lapisan (intrusi) yang memotong lapisan sebelumnya.
Sedimentasi sangat penting untuk membangun strukur permukaan bumi ini. Selain itu aneka macam materi galian juga terbentuk alasannya adalah adanya sedimentasi ini. Cebakan minyak, gas alam, watu bara adalah teladan bahan galian yang muncul dibantu oleh proses sedimentasi. Deposit intan, emas, timah juga dibangun oleh proses pengendapan.