Blogger Jateng

Tokoh Geografi Dunia dan Karya-Karyanya

Geografi sudah berkembang sejak lama yakni sejak kala Yunani antik dan kekhalifahan Islam.  Lalu siapa saja tokoh geografi di dunia dan apa saja karya-karyanya?. Berikut ulasan beberapa tokoh geografi dengan karyanya: 
1. Herodotus Ia membuat peta dunia hasil imajinasi dan hasil pengembaraannya utamanya peta wilayah Laut Tengah (Eropa, Asia dan Libya). Ia juga menguraikan pemahaman wacana bumi serta mendeskripsikan asal mula kawasan dan orangnya. 2. Eratosthenes Ia memperkenalkan istilah geografi (geo dan graphein) yang artinya gambaran wacana bumi. 3. Strabo Ia dalam bukunya Geographia mengemukakan bahwa efek lingkungan sangat menentukan kebudayaan masyarakat. 4. Crates Ia membuat sebuah globe dalam bentuk sederhana di kurun nya. Ia juga meramalkan adanya daratan lain ialah Antipoda (benua selatan yang besar) dinamakan juga Terra Australis. 5. Ptolomeus Dalam bukunya Almagest dan Geographica dia menjelaskan pokok-pokok dasar geografi klasik dan sistematika dasar pemetaan. Di dalam petam dia mencantumkan nama tempat di sekeliling Laut Tengah, nama kota di India dan juga Cina. 6. Al Kindi Ia menulis buku yang menawarkan penjelaskan wacana bagian bumi yang berpenghuni. Disamping itu, dia menerangkan ihwal kondisi alam dan bentuk permukaan bumi dari aneka macam negeri yang biasa dikunjungi oleh saudagar Islam masa itu. 7. Sulaeman Al Mahri Ia membukukan kunjungannya ke banyak sekali daerah di seberang lautan Hindia dan Kepulauan Melayu. 8. Al Khawarizmi Ia berjasa membuat globe pertama di dunia pada 830 M. 9. Abu Zaid al Bakhi Ia membuat atlas Arab pertama yang berjudul lukisan propinsi atau bentuk tempat atau region. 10. Al Idris Bukunya memuat wacana klarifikasi dunia khususnya menyempurnakan pembagian lima iklim bumi berdasarkan rancangan Yunani antik. Ia juga menciptakan versi bola langit dan sebuah model dunia.
Geografi sudah berkembang sejak lama yaitu sejak era Yunani kuno dan kekhalifahan Islam Tokoh Geografi Dunia dan Karya-Karyanya
Peta Dunia Al Idris
11. Al Biruni Ia memperkenalkan teknik pengukuran bumi menggunakan tata cara segitiga. 12. Ibnu Khaldun Ia menulis buku geografi sejarah yang menguraikan pengaruh lingkungan alam kepada penduduk di berbagai kawasan. Ia juga menunjukan duduk perkara irigasi, kehidupan insan pengembara dan perdagangan di daerah gurun. 13. Ibnu Batutta Ia merupakan seorang penjelajah legendaris yang menyinggahi hampir semua daerah di dunia selama berpuluh-puluh tahun. Ia menuliskan semua perjalanannya dalam sebuah catatan dan kini dibukukan menjadi Rihlah Ibnu Batutta. 14. Bernandus Verenius Ia menguraikan dua pedoman dalam geografi di bukunya adalah geografi yang bersifat fisik dan geografi sosial. 15. Immanuel Kant Ia menjadi peletak dasar geografi terbaru. Menurutnya, geografi ialah disiplin ilmu ilmiah yang memandang fakta dalam ruang. 16. Von Humbolt Ia memperkenalkan pembagian iklim secara vertical berdasarkan ketinggian.

Baca juga: 6 ilmuwan besar geografi sepanjang kala Sumber: 1001inventions.com