Blogger Jateng

Tipe-Tipe Bioma di Bumi

Planet bumi ini telah lama terbentuk adalah sekitar 4.6 milyar tahun kemudian. Dari awal mula pembentukkan hingga ketika ini, pertumbuhan lingkungan bumi terus terjadi dan salah satunya yakni bioma. 

Bioma merupakan sebuah lingkungan yang didominasi kenampakan vegetasi khas dan sangat dipengaruhi oleh keadaan cuaca dan iklim. 

Ada banyak tipe bioma di bumi ini adalah Hutan Tropis, Gurun, Hutan Gugur, Hutan Konifer, Sabana, Stepa dan Tundra. Berikut deskripsi singkatnya:
Planet bumi ini sudah lama terbentuk yaitu sekitar  Tipe-Tipe Bioma di Bumi
Tipe Bioma di Bumi pic: playbuzz.com
Bioma Hutan Hujan Hutan hujan merupakan ekosistem hutan lebat di kawasan ekuator yang memiliki keragaman hayati yang tinggi. Sebagian besar spesies hewan dan tanaman ditemukan di hutan tropis. Ciri utama hutan hujan adalah: - curah hujan tinggi dari 700 - lebih dari 1.000 mm per tahun. - berada di lintang tropis. - biodiversitas flora fauna sangat tinggi. - sinar matahari jarang sampai ke tanah. - banyak tumbuhan kanopi atau bertajuk lebar. - sebarannya antara lain di Amazon, Indonesia, Papua Nugini dan Afrika Tengah.
Bioma Gurun Gurun yakni lingkungan yang didominasi oleh hamparan padang pasir tandus dan kering. Ciri bioma gurun ialah: - curah hujan sangat rendah dibawah 250 mm per tahun. - evaporasi lebih tinggi dibanding presipitasi. - jenis tanaman dan binatang sedikit.  - pergantian suhu ekstrim di siang dan malam hari. - sebarannya antara lain di Sahara, Kalahari, Atacama dan Patagonia.
Bioma Sabana dan Stepa Sabana dan stepa intinya adalan lingkungan padang rumput tetapi bedanya ialah sabana ialah padang rumput yang diselingi tanaman kayu sementara stepa ialah lingkungan padang rumput luas tanpa ada tumbuhan kayu di sekitarnya. Ciri kedua bioma ini adalah: - curah hujan antara 250 - 500 mm per tahun. - infiltrasi sungguh tinggi. - jenis flora di sabana yaitu akasia. - stepa mampu ditumbuhi rumput hingga ketinggian 3 m lebih. - banyak terdapat di belakang daerah pegunungan.
Bioma Hutan Gugur Hutan gugur ialah lingkungan hutan info terkini di kawasan lintang subtropis. Ciri utama bioma ini ialah adanya pergantian warna daun seiring bergantinya isu terkini. Ciri lainnya yakni: - curah hujan 750 - 1.000 mm per tahun. - memiliki 4 ekspresi mayoritas yakni spring, summer, autumm dan winter. - jarak antar flora renggang. - teladan tumbuhan adalah oak, blossom dan sakura.
Bioma Taiga Taiga ialah lingkungan hutan berdaun jarum di daerah lingkar sub arktik. Jenis flora bioma ini yakni pinus, konifer dan cemara. Ciri bioma taiga adalah: - ialah bioma paling luas di bumi. - ketika animo cuek, tanah berkembang menjadi lapisan es. - trend masbodoh yang panjang dan trend panas singkat. - pola binatang yaitu beruang, berang-berang dan antelop.
Bioma Tundra Tundra ialah lingkungan padang es di sekeliling kutub utara dan selatan. Sulit ditemui flora disini kecuali jenis bunga kecil dan rumput kerdil atua lumut. Ciri bioma tundra lain adalah: - hampir semua wilayahnya ditutupi es.  - usia flora pendek ialah 30-140 hari. - fauna mempunyai bulu yang tebal. - animo masbodoh gelap dan panjang dan mulut secara umum dikuasai panas yang terang dan panjang.

Baca juga: 
Faktor kepunahan tumbuhan fauna
13 negara yang berlokasi di garis khatulistiwa