Blogger Jateng

Tipe Hujan: Orografik, Zenithal dan Frontal

Pada biasanya, kawasan di Indonesia punya curah hujan relatif tinggi alasannya adalah 70% daerahnya berisikan lautan dan berada di wiayah iklim tropis. Hal itu menjadikan pemanasan tinggi, penguapan besar dan curah hujan pun akan tinggi. Rata-rata curah hujan di Indonesia tiap tahun berada di angka 2.000-3.000 mm. 

Daerah yang curah hujannya kurang dari 1.000 mm setahun sangat sedikit. Sementara daerah yang punya curah hujan tinggi (>3.000 mm per tahun) diantaranya pantai utara Bangka Belitung, Baturaden dan Bukit Barisan. 

Baca juga:
Soal hots mitigasi peristiwa 
Pembahasan osk geografi 1-100
Daerah yang punya curah hujan sedikit diantaranya Pegunngan Ijen, Pnatai Timur Laut Sumba dan Lembah Palu (530mm). Hal ini disebabkan daerah tadi berada pada daerah bayangan hujan. Menurut proses pembentukannya, hujan terbagi menjadi hujan orografik, hujan zenithal dan hujan frontal. 

Hujan intinya yaitu salah satu bentuk presipitasi. Hujan terbentuk lantaran awan yang telah bosan akan air di atmosfer sehingga turun ke bumi oleh derma gravitasi bumi. Ada juga hujan yang tidak hingga permukaan bumi atau disebut juga virga.\
Hujan Orografik Hujan ini terjadi lantaran angin yang sudah lewat lautan luas dan kaya uap air naik menuju puncak pegunungan. Jika makin tinggi angin yang berair itu akan mengalami penurunan suhu hingga mencapai titik bosan kemudian turun kembali di lereng tersebut. Di sebelah lereng daerah angin turun yang miskin upa air dan kering disebut tempat bayangan hujan arau shadow rain.
 wilayah di Indonesia punya curah hujan relatif tinggi karena  Tipe Hujan: Orografik, Zenithal dan Frontal
Hujan Orografik
Hujan Zenithal Hujan ini disebut juga hujan konveksi dan terjadi di daerah ekuator. Hal ini disebabkan daerah ekuator sepanjang tahun mendapatkan pemanasan yang banyak. Masa udara yang panas lalu akan naik menacapai titik zenith hingga terbentuklah awan hujan. Setelah awan hujan terbentuk maka hujan akan turun dan terjadilah hujan zenithal. Hujan konveksi ini pada umumnya sering turun pada sore hari.
 wilayah di Indonesia punya curah hujan relatif tinggi karena  Tipe Hujan: Orografik, Zenithal dan Frontal
Hujan Konveksi
Hujan Frontal Hujan ini terjadi kalau udara pana yang mengandung uap air naik ke atas udara dingin. Hujan front banyak terjadi di tempat depresi front contohnya daerha subtropis dan sedang. Bidang konferensi udara panas dan hambar inilah yang disebut front. Front juga banyak mendatangkan hujan angin ribut ekstrim. Baca juga: Soal UTBK Geografi + Kunci
 wilayah di Indonesia punya curah hujan relatif tinggi karena  Tipe Hujan: Orografik, Zenithal dan Frontal
Hujan Frontal
Gambar: geographyalltheway.com