Blogger Jateng

Sumber Data Demografi: Sensus, Survey dan Registrasi

Sumber data demografi ialah sensus, sistem pendaftaran insiden vital, pendaftaran penduduk, survey terbatas dan survey penduduk berdasarkan sampel.  Dari semua sumber data dmeografi, sensus merupakan sumber data yang sungguh penting dan menyeluruh karena dengan data sensus masyarakatakan diperoleh isu yang sungguh akurat dan berguna bagi berbagai kebijakan pemerintah.
Sensus masyarakatsecara nasional dan internasional dilaksanakan setiap 10 tahun sekali, ini dimaksudkan untuk mendapatkan data yang cukup valid sedangkan diantara sensus sering dilaksanakan survei menurut kebutuhan atau dikerjakan SUPAS (Sensus Penduduk Antar Sensus) dan lazimnya dilakukan 5 tahun sesudah senus dikerjakan. Baca juga: Faktor Dinamika Penduduk

Sensus Penduduk Sensus masyarakatnegara di dunai tidak sama waktu penyelenggaraannya, ini disebabkan oleh keadaan negara yang bersangkutan yang berkaitan dengan aspek keamanan, ketersediaan dana dan yang lain. 

Contoh, sensus masyarakatpertama kali dilakukan di Kanada tahun 1666 di Quebec. Swedia memulai sensus pada 1749, AS tahun 1970 dan Inggris tahun 1801. Sensus yang dijalankan di Inggris menenteng pengaruh ke Indonesia terutama di Jawa yang turut melakukan sensus pada zaman kolonial yang diketahui dengan Sensus Raffles pda tahun 1905.
Sampai tahun 1953 di dunia yang melakukan sensus penduduk baru mencapai 41 negara dan baru pada 1960 90% negara di dunia melaksanakan sensus penduduk. Indonesia melakukan sensus masyarakatpada tahun 1905 dengan maksud menentukan pembayaran pajak dari rakyat Indonesia ke pemerintah kolonial Belanda. Setelah itu sensus dijalankan 10 tahun sekali.
Sensus secara menyeluruh untuk negara Indonesia pada 1930 dengan metode de facto untuk kepentingan pembangunan dan kebijakan pemerintah Belanda. Setelah itu tidak ada lagi sensus hingga kemerdekaan dan dimulai lagi pada tahun 1960.
 survey terbatas dan survey penduduk berdasarkan sampel Sumber Data Demografi: Sensus, Survey dan Registrasi
Survey Penduduk
Survei Penduduk Keterbatasan dana menjadi alasan utama untuk melakukann sensus secara berkelanjutan dan akurat sementara data kependudukan sangat diharapkan dengan cepat dan dengan tingkat validitas yang cukup tinggi maka survei masyarakatdilaksanakan baik secara menyeluruh atau sampel. 

Sampel masyarakatsering dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan kebijakan dan pembangunan suatu negara seperti yang sering dikerjakan pemerintah yakni survey kepuasan pelayanan sosial, survey kawasan tinggal dan lainnya.
Survei demografi bisa dikelompokkan ke dalam 3 tipe ialah: 1. Survei betahap tunggal  2. Survei betahap ganda 3. Survei bertipe kombinasi
Registrasi Registrasi ialah pencatatan masyarakatyang dikerjakan oleh petugas atau kesadaran sendiri masyarakatuntuk mencatatkan diri kepada petugas di kantor atau dinas yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.
Kelengkapan regstrasi penduduk di kantor yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau kelurahan sungguh tergantung pada tingkat kesadaran masyarakatuntuk melaksanakan pendaftaran penduduk. Hal yang mesti di pendaftaran oleh masyarakatdengan kesadaran sendiri diantaranya: 1. Pembuatan KTP 2. Pembuatan Akta Kelahiran 3. Pembuatan Akta Kematian 4. Pembuatan Kartu Kuning 5. Pembuatan Akta Nikah Baca juga: Indeks Pembangunan Manusia
 Gambar: webblogkkn.unsyiah.ac.id