Blogger Jateng

Soal Pendekatan Geografi dan Cara Menjawabnya

Jika tadi aku telah jelaskan perihal cara menjawab soal rancangan geografi, kali ini aku akan coba membahas cara menjawab soal pendekatan geografi di Ujian Nasional Geografi. Pendekatan geografi ini masuk dalam penjabaran soal HOT atau high order thinking.  

Seperti umumnantinya akan ditawarkan suatu paragraf dan siswa akan diminta untuk memilih pendekatan geografi yang tepat. Contohnya mirip ini
1. Musim kemarau panjang di Indonesia tahun 2015 memaksa petani merugi. Fenomena ini terjadi karena adanya El Nino di Samudera Pasifik bagian timur. Pendekatan yang tepat dengan paragraf tersebut yakni.... a. pendekatan keruangan b. pendekatan kelingkungan c. pendekatan kewilayahan d. pendekatan kompleks wilayah e. pendekatan distribusi
Jawaban yang sempurna adalah a. pendekatan keruangan, alasannya fenomena El Nino ialah insiden alamiah dan tidak ada campur tangan manusia di dalamnya. 
Jika tadi saya sudah jelaskan tentang cara menjawab soal konsep geografi Soal Pendekatan Geografi dan Cara Menjawabnya
Longsor mampu terjadi alasannya adalah aspek alami dan insan
Contoh 2
2. Bulan Mei 2015 terjadi longsor di Banjarnegara dan menjadikan satu desa hancur. Peristiwa tersebut diakibatkan oleh banyaknya penggundulan di kawasan bukit. Pendekatan untuk mengkaji fenomena tersebut yaitu..... a. pendekatan keruangan b. pendekatan kelingkungan c. pendekatan kewilayahan d. pendekatan kompleks daerah e. pendekatan distribusi
Jawaban yang tepat ialah b. pendekatan kelingkungan alasannya di dalam kalimat disebutkan bahwa longsor dipicu oleh ulah insan ialah penggundulan atau deforestasi. 
Makara yang membedakan antara pendekatan keruangan dan kelingkungan yaitu prosesnya. Kaprikornus jika berdasarkan aku, siswa harus melihat kalimat di soal untuk menentukan akhir. 

Jika menyaksikan realita sih, bisa saja longsor harus ditinjau dari pendekatan kompleks wilayah alasannya ada kawasan yang memang struktur tanahnya rapuh ditambah aktifitas manusianya yang menghancurkan lingkungan.
Saya jarang menerima soal geografi yang menuliskan paragraf yang menyebutkan adanya kombinasi aspek alamiah dan faktor manusia. 

Namun bukan mustahil dua aspek tersebut bisa dicantumkan oleh pembuat soal, kan bukan saya yang buat soal UN. Baca juga: Kumpulan rumus hitung geografi bahan peta