Blogger Jateng

Simbol dan Warna Peta

Kalau kamu buka peta pasti kamu akan menerima berbagai simbol dan warna-warna bukan?. 

Simbol peta ialah sebuah gambar atau tanda di peta yang mempunyai makna atau arti yang menggambarkan fenomena di permukaan bumi. 

Simbol peta harus menyanggupi beberapa syarat biar mampu dibaca oleh pengguna dan informasi yang ditampilkan sesuai dengan aslinya. 

Syarat-syarat simbol peta yang baik yaitu sederhana, gampang dimengerti dan bersifat biasa .
Menurut bentuknya, simbol peta dibedakan menjadi simbol titik, simbol garis dan simbol daerah. Berikut klarifikasi lengkapnya:

a. Simbol titik, biasa dipakai untuk menawarkan kawasan atau lokasi objek, mirip kota, gedung, pelabuhan, sekolah, candi, bandara, stasiun dan terminal.
b. Simbol garis, dipakai untuk menghidangkan bagian-unsur dengan kenampakan memanjang seperti jalan raya, rel, sungai, batas wilayah dan arus barang.
c. Simbol kawasan, biasa digunakan untuk menggambarkan bab-unsur yang mempunyai luas, seperti rawa, hutan, danau dan tempat pertanian.
Kalau kamu buka peta tentu kamu akan menemukan berbagai simbol dan warna Simbol dan Warna Peta
Contoh Simbol Peta
Menurut sifatnya, simbol peta dibedakan menjadi dua yakni simbol kualitatif dan simbol kuantitatif. a. Simbol kualitatif, merupakan simbol yang biasa dipakai untuk membedakan persebaran suatu fenomena mirip sebaran bioma, dan sebaran tumbuhan fauna.
b. Simbol kuantitatif, ialah simbol yang dipakai untuk membedakan kenampakan dalam bentuk jumlah misalnya kepadatan masyarakatdan tingkat pencemaran.

Baca juga:
Ciri pembangunan berkelanjutan 
Ciri daerah karst dan pemanfaatannya
Selain simbol-simbol, dalam peta juga terdapat banyak sekali warna yang mempunyai arti dan makna. Dalam peta geografis chorografi warna peta biasa menawarkan perbedaan kenampakan seperti: - biru amis tanah, untuk maritim dalam - biru muda, untuk sungai, maritim dangkal dan danau - hijau, untuk dataran rendah - kuning, untuk perbukitan - cokelat, untuk pegunungan - putih, untuk es atau salju 

Gambar: con-news.com, slideshare