Blogger Jateng

Pola Aliran Sungai: Dendritik, Trellis, Rectangular, Radial, Annular

Dalam geomorfologi, teladan aliran sungai dibentuk dari struktur batuan yang ada di sekitarnya. Ada beragam jenis bentuk teladan sungai di dunia ini. Semuanya diatur oleh topografi tanah, jenis batuan, kekerasan batuan dan bentuk permukaan bumi. 

Sungai mendapatkan limpasan air dari hujan maupun air tanah. Ada beberapa tipe teladan sungai yang familiar di kalangan geolog ketika ini yaitu:
1. Dendritik Dendritik ialah bentuk paling umum dari tata cara sungai. Dalam metode ini banyak fatwa atau anak cabang yang berkontribusi mirip ranting pohon yang kemudian bergabung ke sungai induk. Saluran sungai mengikuti kemiringan lereng dengan tipe batuan homogen dan berada di lembah berupa V. Baca juga: Perbedaan pendekatan keruangan, kelingkungan dan kewilayahan
2. Paralel Pola aliran pararel dibentuk oleh lereng curam dengan batuan heterogen. Karena lereng yang curam, sungai akan berarus cepat dan lurus dengan sedikit anak sungai dan semua mengalir ke arah yang serupa. Sistem sungai ini terbentuk pada permukaan dengan kemiringan seragam mirip di tenggara Pegunungan Aberdare Kenya. 
 pola aliran sungai dibentuk dari struktur batuan yang ada di sekitarnya Pola Aliran Sungai: Dendritik, Trellis, Rectangular, Radial, Annular
Pola Aliran Sungai lazim di dunia
3. Trelis Pola aliran ini menyerupai dengan teralis di rumah anda atau di pagar yang sering digunakan untuk tanaman merambat. Sungai mengalir di sepanjang lembah pegunungan lipatan dengan anak sungai yang muncul dari segi lembah. Anak sungai ini masuk ke sungai induk dengan sudut 90 derajat. Pola ini banyak ditemukan di Pegunungan Appalachia atau di utara Thailand. 
4. Rectangular Pola ini meningkat pada kawasan dengan batuan yang resisten kepada abrasi dan bertipe seragam. Ciri khas dari teladan pedoman ini yakni bentuknya siku-siku seperti patah. Biasanya teladan in banyak ditemukan di daerah berstruktur patahan atau sesar.

Baca juga:
Kaitan zero population dengan kesejahteraan
Kode promosi Quipper Video hingga potongan harga 40%, ayo gabung! 
Kumpulan rumus hitung geografi bagian peta dan soal latihannya
5. Radial Pola radial dibagi dua ialah radial sentrifugal dan radial sentripetal. Radial sentrifugal yakni pedoman sungai yang menyebar dari suatu titik puncak mirip gunung api, lakolit dan kubah. Radial sentripetal yaitu contoh ajaran yang memusat ke satu titik mirip menuju danau atau cekungan.

Baca juga:
Contoh soal ulangan rancangan geografi tipe HOTS
Sebaran contoh curah hujan di Indonesia barat ke timur
Pengertian dan contoh desain lokasi mutlak dan relatif  
 pola aliran sungai dibentuk dari struktur batuan yang ada di sekitarnya Pola Aliran Sungai: Dendritik, Trellis, Rectangular, Radial, Annular
Pola Aliran Sungai, pic: GeologyIn
6. Deranged Sistem anutan ini ialah pedoman di tempat cekungan dengan teladan yang tidak terang mengarah ke sungai atau danau dan terbentuk di tempat dengan banyak gangguan geologi mirip Shield of Canadian. Saat zaman es berakhir lapisan tanah itu tererosi meninggalkan batuan dasarnya. Itulah mengapa banyak danau didapatkan di Kanada. 
7. Annular Pola ini mengikuti morfologi kubah berupa melingkar dan konsentris seperti di wilayah Red Valley atau Black Hills South Dakota.