Blogger Jateng

Peta Sebaran Rawa di Indonesia

Lahan rawa masuk dalam tipe lahan basa atau wetlands, yang bergotong-royong ialah lahan yang menempati daerah peralihan antara system daratan dan system perairan. Karena menempati posisi peralihan tersebut maka lahan ini sepanjang tahun atau dalam waktu yang panjang dalam setahun tergenang dangkal, senantiasa bosan air atau punya air tanah dangkal. 

Dalam keadaan alami, sebelum dibuka untuk lahan pertanian, lahan rawa ditumbuhi aneka macam tanaman air baik jenis rerumputan (reeds, sedges, rushes), vegetasi semak maupun kayu-kayuan, tanahnya jenuh air atau punya permukaan air tanah dangkal atau tergenang dangkal.

Baca juga:
Bukti kebenaran teori pergerakan benua
Ciri khas bioma perairan
Kode potongan harga quipper video terupdate
Sumber daya lahan rawa di Indonesia ialah salah satu opsi pertanian di era depan. Secara garis besar, rawa secara umum dikuasai ada di empat pulau besar di luar Jawa yaitu Sumatera, Kalimantan, Papua dan sebagian kecil Sulawesi.
Di Sumatera, sebaran lahan rawa lebih banyak didominasi berada di dataran rendah sepanjang pantai timur khususnya di Riau, Sumatera Selatan dan Jambi, serta dalam skala sempit di Lampung dan Sumatera Utara. Di pantai barat, lahan rawa menempati dataran pantai sempit di Aceh, Sumatera Barat dan Bengkulu.
Di Kalimantan, sebaran lahan rawa yang mayoritas terdapat di dataran rendah sepanjang pantai barat yakni Kalimantan Barat, pantai selatan, dalam kawasan Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Selatan, pantai timur dan timur laut daerah Kalimantan Timur. 

Sebaran rawa lebak yang cukup luas ada di daerah Hulu Sungai Kapuas Besar, sebelah barat Putussibau, Kalimantan Barat dan sekitar Danau Semayang dan Melintang sekitar Kotabangun DAS Sungai Mahakam Kalimantan Timur. Baca juga: Terbentuknya hot spot volcano
Peta Sebaran Lahan Basah Indonesia, pic:http://www.greenpeace.org/
Di Wilayah Papua, lahan rawa yang terluas ada di dataran rendah sepanjang pantai selatan adalah Kabupaten Fak Fak, dan pantai tenggara daerah Kabupaten Merauke. Lalu di tempat Kepala Burung di sekeliling Teluk Berau-Bintuni dalam wilayah Kabupaten Manokwari dan Sorong. Baca juga: Klasifikasi iklim Koppen dan cirinya
Sementara di kawasan bab utara, lahan lembap memanjang dari Nabire sampai Sarmi. Sebaran lahan rawa lebak yang cukup luas ada di lembah Sungai Memberamo yang ada di bab tengah Papua.
Di Sulawesi, sebaran lahan rawa tidak begitu luas dan hanya ada di tempat pantai sempit. Rawa yang cukup luas bias didapatkan di pantai barat daya Palu, lalu di Teluk Bone, Kabupaten Mamuju,sepnajng pantai timur maritim Palopo dan sedikit di pantai selatan  Kabupaten Toli-Toli di sekeliling Teluk Tomini. Baca juga: Tipe vegetasi hutan hujan tropis