Blogger Jateng

Pembentukkan Lipatan Pegunungan (Folded Mountain)

Ada perbedaan fundamental antara gunung api (volcano) dengan lipatan pegunungan (folded mountain). Pegunungan lipatan terbentuk di kawasan konvergen atau batas lempeng kompresi misalnya Pegungan Alpen, Rocky, Andes dan Himalaya.

Karena lempeng benua berjumpa dengan lempeng benua maka tidak terjadi subduksi melainkan lipatan (kedua lempeng sama berpengaruh). Lipatan pegunungan tidak sama dengan gunung api ya!.

Baca juga:
Definisi tragedi kekeringan 
Perbedaan meteorologi dan klimatologi
Berikut ini proses terbentuknya lipatan pegunungan: 1. Saat wilayah lautan dipisahkan dua lempeng tektonik, sedimen akan menetap di dasar maritim dan tertekan membentuk geosinklin. Sedimen ini secara sedikit demi sedikit stress menjadi batuan sedimen. 2. Saat kedua lempeng tektonik bergerak satu sama lain maka lapisan sedimen di dasar laut akan mengerut dan melipat. 3. Akhirnya batuan sedimen muncul di atas permukaan maritim membentuk lipatan pegunungan.
Lipatan batuan yang terlipat ke atas dinamakan antiklin sementara batuan yang melipat ke bawah disebut sinklin. Contoh lipatan pegunungan yang terkenal yaitu Pegunungan Alpen. Karakterstik Alpen adalah selaku berikut:
- banyak terdapat lembah glasial mirip Lembah Rhone - puncaknya berupa piramida seperti Matterhorn - danau berbentuk pita seperti Danau Como - arus sungai deras - iklim yang kontras di bagian utara dengan selatan - merupakan batuan muda (30-40 juta tahun)
Ada perbedaan mendasar antara gunung api  Pembentukkan Lipatan Pegunungan (Folded Mountain)
Formasi Lipatan Pegunungan
Pegunungan Alpen merupakan salah satu lokasi favorit pelancong di Eropa. Banyak aktifitas kehidupan di sekeliling Alpen diantaranya: - olahraga ekspresi dominan cuek mirip ski - pendakian musim panas - piknik demam gosip panas di danau - pertanian di daerah lembah bab selatan - kehutanan seperti konifer - komunikasi, jaringan jalan rel kereta menyusuri lembah pegunungan - membangun listrik tenaga air - menciptakan 60 persen pasokan listrik di Swiss
Itulah manfaat dari lipatan pegunungan yang bisa diatur dengan baik di Eropa. Indonesia juga punya lipatan pegunungan di aneka macam pulau yang bila dimanfaatkan optimal mampu menunjang kehidupan penduduk di sekitarnya. 

Gambar: bbc.co.uk