Blogger Jateng

Metode Vegetatif dan Mekanik Konservasi Tanah

Tanah merupakan akumulasi tubuh-badan alam yang bebas menduduki sebagian besar permukaan bumi. Tanah mampu menumbuhkan aneka macam vegetasi dan punya sifat-sifat selaku balasan dari perubahan iklim dan jasad hidup yang bertindak kepada bahan induk dalam kondisi tertentu selama rentang waktu tertentu pula. Fungsi tanah sangat vital di bumi yaitu: 

Baca juga:  
Perbedaan lava aa dan pahoehoe
Pergerakan angin muson di Indonesia dan dampaknya
Tipe-tipe erupsi gunung api
Pengertian biodiversitas hayati dan keuntungannya
- digunakan untuk kawasan tinggal dan tempat melakukan kegiatan manusia. - selaku daerah tumbuh vegetasi yang berfaedah bagi manusia. - mengandung barang tambang atau materi galian yang memiliki kegunaan bagi manusia.
Tanah mesti dijaga kelestariannya oleh insan alasannya tanpa tanah, manusia akan sukar hidup. Metode konservasi tanah diantaranya yaitu dengan memakai dua pendekatan adalah tata cara vegetatif dan metode mekanik.
tubuh alam yang bebas menduduki sebagian besar permukaan bumi  Metode Vegetatif dan Mekanik Konservasi Tanah
Terasering Argapura
a. Metode vegetatif Metode ini merupakan upaya konservasi tanah dengan cara menanam vegetasi di atas tanah dengan teknik tertentu. Metode ini efektif dalam mengatur laju pengikisan, diantarnya ialah:
Baca juga: apa itu suburban fringe 1. Strip Cropping, yaitu penanaman berjalur tegak lurus terhadap aliran air atau arah angin. 2. Contour Strip Cropping, ialah penanaman berjalur sejajar dengan garis kontur guna meminimalkan dan menahan kecepatan aliran air. 3. Bufering, merupakan penutupan lahan yang mempunyai kemiringan curam dengan flora keras untuk menghalangi laju air. 4. Windbreaks, yaitu penanaman dengan vegetasi secara permanen guna melindungi tanah dari terpaan air. 5. Crop Rotation, merupakan metode menanam lebih dari satu jenis vegetasi dalam satu tahun untuk mencegah kerusakan tanah. Baca juga: Rip Current dan Longshore current
tubuh alam yang bebas menduduki sebagian besar permukaan bumi  Metode Vegetatif dan Mekanik Konservasi Tanah
Contour strip cropping
b. Metode mekanik Metode ini ialah upaya konservasi tanah dengan teknik pengolahan tanah yang dibutuhkan mampu meminimalisir laju erosi air. Cara biasa yang dilaksanakan pada sistem ini diantarnya: 1. Contour tillage, merupakan pembuatan tanah sejajar dengan garis kontur dan membentuk igir-igir kecil yang memperlambat pedoman air dan menambahinfiltrasi air. 2. Terasering, merupakan pembautan teras-teras pada lahan miring guna mengurangi sudut lahan sehingga pengikisan bisa dimimalisir. Cara ini biasa dilaksanakan petani-petani di Indonesia. 3. Guludan, ialah pembuatan gundukan tanah (menggunung) biar air mampu mengalir searah dengan garis kontur. 4. Cekdam, merupakan acara membendung pemikiran air lewat parit sehingga material yang ter-erosi bisa tertahan dan terendapkan. 

HOT: Try Out Online UNBK Geografi Gratis!!!!

Mau pembahasan UN Geografi 2017?. Cek di bawah ini dan jangan lupa share ya!.
Pembahasan UN no 1 -5 Geografi
Pembahasan UN no 6 -10 Geografi
HOTSS...50 butir soal US Geografi PG + Kunci 
 
Gambar: prd.country-magazine.com, img2.bisnis.com