Blogger Jateng

Lapisan Tanah (Soil Horizon) dan Karakteristiknya

Tanah menutupi sebagian besar daratan di bumi dan sangat berguna bagi kehidupan mahluk di atasnya. Tanah tersusun atas banyak sekali mineral (watu, pasir, tanah liat, lumpur), udara, air dan materi organik. 

Tanah menunjukkan daerah meningkat kembang bagi tumbuhan, sumber nutrisi tumbuhan dan rumah bagi banyak binatang (serangga, laba-keuntungan, lipan, cacing, binatang penggali, basil dan lainnya). Seorang jago yang khusus mempelajari tanah dinamakan pedologist.

Ada berbagai jenis tanah di bumi dan masing-masing memiliki karakteristik yang unik mulai dari warna, tekstur, struktur dan kandungan mineralnya. Kedalaman tanah juga bermacam-macam. Jenis tanah di tempat memengaruhi terhadap jenis vegetasi yang bisa meningkat .

Tanah terbentuk secara perlahan-lahan dari batuan induknya lalu terkikis dan hancur menjadi butiran-butiran di erat permukaan bumi. Bahan organik kemudian bercampur dengan materi anorganik membentuk tanah. Baca juga: Geografi Catalonia Spanyol 
Lapisan tanah atau horizon tanah di aneka macam tempat berlawanan-beda. Ada yang kaya humus, ada yang tidak ada humus dan ada yang hanya lapisan batuan saja. Jika tanah meningkat secara sempurna, maka beliau akan membentuk enam lapisan atau horizon ialah:

Baca juga:
Ciri khusus batuan beku dan sedimen 
Kunci jawaban OSK geografi

Tanah menutupi sebagian besar daratan di bumi dan sangat berguna bagi kehidupan mahluk di  Lapisan Tanah (Soil Horizon) dan Karakteristiknya
Penampang Lapisan Tanah, pic: enchantedlearning.com
Horison O Merupakan lapisan tanah paling atas dan ialah lapisan organik dan sungguh tipis ketebalannya. Lapisan ini tersusun dari materi organik seperti sampah daun dan sisa jasad renik binatang yang mati. Lapisan ini berwarna gelap mengarah hitam. Horison A Disebut juga topsoil dan berada dekat, dibawah lapisan O. Lapisan ini tersusun atas mineral dan bahan organik dari lapisan di atasnya. Karena itu lapisan ini warnanya masih cokelat gelap. Banyak akar tanaman menembus hingga lapisan ini. Horison E Disebut juga lapisan eluviaton atau pencucian dan berwana cerah. Lapisan ini kebanyakan mengandung pasir dan lumpur Horison B Disebut juga lapisan subsoil dan berada di bawah lapisan E dan diatas lapisan C. Lapisan ini mengandung tanah liat deposit mineral (besi, alumunium oksida dan kalsium karbonat) dan berasal dari lapisan diatasnya ketka air menetes dari lapisan di atasnya. Horison C Disebut juga regolith dan tersusun atas batuan yang lapuk. Tanaman tidak bisa menembus lapisan ini dan bahan organik sungguh sedikit didapatkan di lapisan ini. Horison R Lapisan ini berupa batuan dasar atau bedrock.

Baca juga:  
Mengapa warna tanah berlawanan? 
Struktur vertikal hutan hujan tropis
Gunung api strato, perisai dan cone