Blogger Jateng

Konsep Geografi Menurut Henry J. Warman

Konsep geografi ialah pecahan dasar dari disiplin ilmu geografi. Ada banyak rancangan-rancangan geografi yang meningkat dari dulu hingga kini. Konsep ini ialah sebuah perumpamaan untuk menunjukkan suatu gejala atau fenomena. Salah satu ahli yang mengemukakannya yaitu Henry J. Warman. Berikut ini penjelasannya:
Baca juga:
Definisi peristiwa kekeringan
Sistem pertanian di Indonesia

1. Konsep Wilayah atau Region Yaitu lokasi atau tempat d permukaan bumi memiliki karakteristik masing-masing yang mampu dibedakan. Contohnya antara daerah Eropa dengan Afrik, Desa dengan Kota dan Samudera Pasifik dengan Samudera Hindia. 2. Konsep Lapisan Kehidupan Yaitu permukaan bumi merupakan daerah kehidupan berlangsung. Manusia, binatang dan tumbuhan saling berinteraksi dalam ekosistem-ekosistem di bumi. 3. Konsep Manusia Yang Mendominasi Lingkungan Yaitu insan merupakan mahluk yang mampu merubah struktur permukaan bumi dengan segera alasannya adalah diberikan logika. 4. Konsep Bumi Sebagai Bola Yaitu bumi merupakan salah satu planet di tata surya.
Konsep geografi merupakan bagian dasar dari disiplin ilmu geografi Konsep Geografi Menurut Henry J. Warman
Konsep Geografi, pic: log.richmond.edu
5. Konsep Interaksi Keruangan Yaitu gejala yang ada di permukaan bumi selalu berhubungan satu sama lain. Contohnya jikalau di Bogor hujan maka fatwa air akan menuju Jakarta dan menyebabkan banjir. Gempa bumi dapat menimbulkan tsunami di lautan. 6. Konsep Relasi Wilayah Yaitu hubungan antar wilayah, misalnya padi dari Karawang dijual ke Bekasi. Ini disebabkan adanya undangan dan penawaran. 7. Konsep Persamaan Wilayah Yaitu daerah di permukaan bumi ini banyak yang mempunyai kesamaan di aneka macam segi. Contohnya kesamaan Bahasa dialek orang Riau, Malaysia dan Brunei (Melayu). 8. Konsep Perbedaan Wilayah Yaitu wilayah di permukaan bumi berlainan-beda mirip di Kalimantan banyak tambang batubara sedangkan di Papua banyak tambang emas. 9. Konsep Keunikan Wilayah Yaitu setiap wilayah di permukaan bumi punya keunikan masing-masing mirip Jepang dengan bunga sakuranya dan Belanda dengan bunga tulipnya. 10. Konsep Persebaran Wilayah Yaitu setiap gejala di permukaan bumi tersebar di banyak sekali titik. 11. Konsep Lokasi Relatif Yaitu sebuah gejala di permukaan bumi selalu mengalami pergantian misalnya dulu kota Bandung hanya ialah kawasan perkebunan. 12. Konsep Keuntungan Yaitu insan mempergunakan alam sesuai dengan keuntungan yang dihasilkannya. 13. Konsep Perubahan Berkesinambungan Yaitu setiap tanda-tanda di permukaan bumi akan senantiasa berubah dari waktu ke waktu. 14. Konsep Pemanfaatan Sumber Daya Berbasis Budaya Yaitu pemanfaatan sumber daya alam akan selalu dipengaruhi oleh kesanggupan teknologi penduduk lokal. 15. Konsep Bumi Dapat Dipetakan Yaitu fenomena permukaan bumi bisa ditunjukkan dalam bentuk peta 2 dimensi.

Baca juga: Perbedaan fundamental HIV dan AIDS 

Mau video pembahasan materi geografi dan latihan soal lengkap?. Subscribe chanel ILMUGURU berikut ini!.