Blogger Jateng

Fungsi Pembelajaran Geografi di Sekolah

Setiap ilmu di bumi ini pastinya punya fungsi masing-masing dan berguna bagi kehidupan. Geografi sebagai disiplin ilmu juga punya fungsi yang tak kalah penting dengan ilmu lainnya. Geografi telah meningkat semenjak zaman peradaban Yunani antik, dari sekedar mitologi kemudian migrasi manusia menciptakan banyak sekali wilayah di bumi ini dikenali.
Perkembangan teknologi telekomunikasi saat ini juga menciptakan geografi menjadi makin mutakhir dalam mengerti gejala geosfer. Berikut ini beberapa fungsi penting geografi dan mengapa ilmu tersebut mesti diajarkan di sekolah:
1. Mengasah Kecerdasan Spasial Kecerdasan spasial atau keruangan merupakan sebuah kemampuan untuk mengetahui, mengorgansasikan, dan mempergunakan ruang untuk kesejahteraan manusia. Kecerdasan ini perlu biar manusia tidak salah dalam mengorganisir ruang. 

Banyak bencana dan peristiwa ketika ini terjadi alasannya kemampuan evaluasi keruangan pemimpinnya tidak baik. Daerah bibir sungai yang sebaiknya ialah kawasan untuk laju air, malah dihuni insan dengan dalih tidak ada lagi opsi. 

Saat banjir terjadi yang disalahkan pemerintahnya. Sudah pemerintah salah tidak menertibkan contoh pemukiman, penduduknya juga salah tidak mempunyai kecerdasan spasial dalam menempati ruang. 

Tidak semua ruang permukaan bumi mampu dihuni dengan pantas meskipun bisa diaatasi dengan rekayasa teknologi. Ada batas kritis tertentu sehingga kita harus mengetahui dan memahaminya.
Setiap ilmu di bumi ini pastinya punya fungsi masing Fungsi Pembelajaran Geografi di Sekolah
Pemukiman kumal timbul sebab kurangnya kecerdasan dan kesadaran spasial
2. Mempertebal rasa cinta tanah air Berbagai peluanggeografis Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dengan berguru mengerti sebaran kesempatantersebut, geografi berfungsi untuk menancapkan rasa cinta tanah air pada siswa. 

Siswa akan sadar akan kemegahan Indonesia selaku suatu bangsa dan negara. Berbekal ilmu itulah diharapkan nanti anak latih kita mampu menjadi pemimpin yang amanah dalam mengorganisir segala hal yang ada di bumi pertiwi.
3. Menambah pengetahuan geografis dan cinta lingkungan Geografi mempelajari semua hal yang ada di permukaan bumi. Aspek fisik dan sosial masuk dalam radar geografi. Dengan demikian anak semakin banyak memiliki pengetahuan tentang ciptaan Tuhan dan harus bisa menjaganya dengan baik. Anak diajak untuk memiliki budbahasa lingkungan yang bagus semoga mampu hidup berdampingan.
Itulah beberapa fungsi pembelajaran geografi di sekolah, jadi jangan malas mencar ilmu geografi ya!. Gambar: news.xinhuanet.com