Blogger Jateng

Fungsi Lahan Bagi Kehidupan

Tanah dan lahan ialah satu kesatuan dalam permukaan bumi yang sangat penting bagi kehidupan. Dalam kaitannya dengan sumber daya alam perumpamaan tanah dan lahan terkadang rancu dalam penggunaannya. Pada dasarnya definisi lahan lebih luas dibandingkan tanah. Kaprikornus dimana letak perbedaan tanah dengan lahan?. 

Sumber daya lahan merupakan suatu lingkungan fisik yang terdiri dari iklim, topografi, tanah, hidrologi dan vegetasi dimana pada batas-batas tertentu memengaruhi kemampuan penggunaan lahan (FAO, 1976). Dengan demikian dalam definisi lahan, tanah terkandung di dalamnya. 
Tanah dan lahan merupakan satu kesatuan dalam permukaan bumi yang sangat penting bagi kehi Fungsi Lahan Bagi Kehidupan
Fungsi lahan sungguh vital bagi kehidupan, pic: www.cityofgp.com
Menurut FAO tahun 1995, lahan mempunyai banyak fungsi yakni: a. Fungsi produksi Sebagai basis atua dasar bagi aneka macam macam metode pendukung kehidupan, melalui mekanisme biomassa yang memberikan masakan, pakan ternak, serat, materi bakar kayu dan materi-materi biotik lainnya bagi manusia, baik secara pribadi atau melalui binatang ternak tergolong budidaya bak dan tambak ikan.
b. Fungsi lingkungan biotik Lahan ialah basis bagi keberagaman daratan yang menawarkan habitat biologi dan plasma nutfah bagi tumbuhan, binatang dan jasad mikro di atas maupun di bawah tanah.
c. Fungsi pengatur iklim Lahan dan penggunaannya merupakan sumber dan rosot gas rumah beling dan menentukan neraca energi global berbentukpantulan, serapan dan transformasi dari energi radiasi matahari dan daur hidrologi global.
d. Fungsi hidrologi Lahan mengatur simpanan dan pedoman limpasan sumber daya air tanah dan air permukaan serta memengaruhi kualitas airnya.
e. Fungsi penyimpanan Lahan yaitu gudang sumber berbagai jenis bahan mentah dan mineral untuk dimanfaatkan bagi kehidupan insan.
f. Fungsi pengendali sampah dan polusi Lahan bisa mendapatkan, menyaring, menyangga dan mengganti senyawa-senyawa berbahaya yang berasal dari produk limbah.
g. Fungsi ruang kehidupan Lahan memberikan fasilitas fisik untuk daerah tinggal insan, industri dan aktifitas sosial mirip olahraga atau rekreasi.
h. Fungsi peninggalan dan penyimpanan Lahan merupakan media untuk menyimpan dan melindungi benda-benda bersejarah dan selaku sumber informasi ihwal kondisi iklim dan tata guna lahan abad kemudian.
i. Fungsi penghubung sosial Lahan memberikan ruang untuk transportasi manusia, masukan produksi serta untuk pemindahan flora dan hewan antara daerah terpencil dari sebuah ekosistem alami.