Blogger Jateng

Ekstrusi Magma dan Materialnya

Magma merupakan materi utama pembentuk kulit bumi?. Magma naik ke permukaan bumi karena adanya tekanan dari panas. Kali ini kita akan diskusikan ihwal ekstrusi magma. Ekstrusi magma adalah tanda-tanda penerobosan magma sampai sampai permukaan bumi melalui kejadian erupsi. Erupsi dibedakan menjadi erupsi linier, sentral dan areal.
a. Erupsi linier, merupakan magma yang keluar permukaan bumi melalui retakan yang memanjang seperti terowongan garis dari dalam bumi hingga ke permukaan. b. Erupsi areal, merupakan magma yang keluar dari dalam bumi yang letaknya bersahabat dengan permukaan bumi sehingga bisa melelehkan batuan di sekitarnya sampai menciptakan sebuah lubang yang besar. c. Erupsi sentral, ialah magma yang keluar melalui lubang pusat sehingga akan membentuk kerucut gunung api.
Magma merupakan bahan utama pembentuk kulit bumi Ekstrusi Magma dan Materialnya
Erupsi Sentral dan Linier
Menurut kekuatannya, erupsi dibedakan menjadi erupsi efusif dan eksplosif. Erupsi efusif atau leleran ialah erupsi berupa leleran lava melalui retakan. Erupsi ini terjadi kalau magma bertipe encer dan kandungan gasnya relatif sedikit. 

Contohnya ialah erupsi Kilauea. Erupsi eksplosif atau ledakan yaitu erupsi yang bersifat ledakan dan memuntahkan materi piroklastik disamping leleran lava. Letusan ini terjadi kalau magma bertipe kental dengna kedalaman dapur magma dalam.
Ada empat macam materi hasil ekstrusi magma yakni: a. Lava, ialah magma yang meleleh hingga ke permukaan bumi melalui letusan gunung api. b. Lahar, ialah lava yang membeku dan telah bercampur air dan bahan lain mirip batuan, pasir dan kerikil. Lahar terbagi menjadi lahar panas dan lahar cuek. c. Eflata atau piroklastika, terdiri dari materi padat hasil letusan dalam berbagai ukuran butir. Eflata berisikan bom, lapili, batu dan bubuk vulkanik. d. Ekhalasi, merupakan bahan gas mirip nitrogen, belerang dan gas asam. 
Baca juga: Mesa, Butte dan Plateau