Blogger Jateng

Contoh Outline Naskah Buku Pelajaran

Menerbitkan buku ialah cita-cita para penulis tergolong saya. Ada beberapa cara untuk menelurkan buku, salah satunya yakni mengirimkan naskah ke penerbit. Salah satu syarat untuk mengantarnaskah ke penerbit adalah dengan memperlihatkan outline naskah buku. 

Bagi yang membutuhkan pola outline naskah buku pelajaran, saya berikan contohnya di bawah. Outline naskah merupakan deskripsi singkat isi bagian buku. 
Contoh Outline Naskah Buku Pelajaran BAB 1 KONSEP DASAR GEOGRAFI
Bab awal ini berisi ihwal ulasan sejarah kemajuan geografi dan rancangan-rancangan dasar geografi. Siswa akan mendapatkan banyak sekali perumpamaan dan klarifikasi yang berkaitan dengan konsep dasar keilmuan geografi sehingga mampu melihat perbedaan dengan ilmu lainnya.

BAB 2 JAGAT RAYA DAN PERKEMBANGAN BUMI
Bab 2 berisi perihal sejarah terbentuknya Bumi selaku sebuah planet kehidupan mulai dari Jagat Raya sampai Tata Surya. Perkembangan kehidupan dan bentuk paras bumi dari waktu ke waktu juga tersaji di bagian ini.

BAB 3 KARYA ILMIAH GEOGRAFI
Bab 3 membicarakan ihwal tindakan atau fatwa pengerjaan karya ilmiah geografi. Contoh-pola judul penelitian geografi juga dihidangkan untuk mempermudah pengertian dan wawasan siswa.

BAB 4 DINAMIKA LITOSFER
Bab 4 membicarakan wacana fenomena-fenomena terjadi di litosfer atau lapisan kerak bumi. Dampak dari dinamika litosfer bagi kehidupan insan juga dibahas.

BAB 5 DINAMIKA PEDOSFER
Bab 5 membicarakan wacana pedosfer atau lapisan tanah. Pedosfer pada dasarnya masih ada kaitannya dengan litosfer tetapi dibahas secara terpisah karena punya karakteristik tersendiri. Berbagai sebaran jenis tanah di dunia dan pemanfaatannya dibahas dalam bab ini.

BAB 6 DINAMIKA ATMOSFER
Bab 6 membahas wacana fenomena-fenomena yang terjadi di atmosfer atau lapisan udara. Dampak dari aneka macam fenomena tersebut juga dibahas secara rinci.

BAB 7 DINAMIKA HIDROSFER
Bab 7 membicarakan seputar fenomena terkait penyebaran air di bumi dan pemanfaatannya.  Fenomena-fenomena seperti siklus air, arus maritim, sungai, rawa, gletser dibahas secara rinci.

BAB 8 MITIGASI BENCANA
Bab 8 membicarakan tentang jenis-jenis bencana dan upaya mitigasinya. Hal ini bermanfaat untuk mengedukasi siswa akan pentingnya pengertian akan kebencanaan dan upaya penanggulangannya.

BAB 9 BIOSFER
Bab 9 membahas tentang sebaran tanaman fauna di dunia dan Indonesia. Berbagai jenis flora fauna khas tiap daerah di Indonesia dan dunia disajikan dengan gambar yang nyata.

BAB 10 DINAMIKA PENDUDUK
Bab 10 berisi wacana fenomena-fenomena yang terkait dengan aktifitas insan di permukaan bumi. Perkembangan manusia dilihat dari aspek kuantitas dan mutu.


BAB 11 SUMBER DAYA ALAM
Bab 11 menjelaskan ihwal aneka macam jenis sumber daya alam dan pemanfaatannya bagi manusia. Sebaran sumber daya alam berpeluang di Indonesia juga disuguhkan.

BAB 12 POTENSI GEOGRAFIS INDONESIA
Bab 12 membahas tentang peluanggeografis Indonesia selaku salah satu Negara dengna biodiversitas tertinggi di dunia. Potensi tersebut mampu berupa potensi fisik dan non fisik yang ialah modal dasar pembangunan.

BAB 13 KEARIFAN LOKAL
Bab 13 mengkaji ihwal upaya pengelolaan sumber daya alam berbasis kearifan lokal. Pemanfaatan sumber daya alam harus berasaskan prinsip berkelanjutan agar bisa diwariskan ke generasi berikutnya.

BAB 14 LINGKUNGAN HIDUP
Bab 14 menerangkan ihwal hakiakt lingkungan hidup sebagai penggalan dari kehidupan. Selain itu aneka macam urusan lingkungan mirip pencemaran diterangkan dengan upaya-upaya pelestariannnya .

BAB 15 POTENSI BUDAYA
Bab 15 membahas ihwal potensi budaya di Indonesia kaitannya dengan pembangunan. Berbagai keanekaragaman budaya dari Sumatera hingga Papua ditampilkan untuk memperlihatkan pengertian akan kekayaan Indonesia selaku Negara multicultural di dunia.

BAB 16 BAHAN GALIAN
Bab 16 membahas perihal potensi berbagai jenis bahan galian di Indonesia dan sebarannya dari Jawa hingga Papua. Berbagai contoh pemanfaatan materi galian yang bersifat ekonomi juga dibahas.

BAB 17 INDERAJA
Bab 17 membahas ihwal pemanfaatan penginderaan jauh di berbagai bidang kehidupan ini. Proses perekaman objek di permukaan bumi sampai metode interpretasi foto udara dibahas di bab ini.

BAB 18 PETA
Bab 18 membahas ihwal teknik dasar pengerjaan peta yang ialah alat bantu utama geografi dalam melihat penyebaran suatu fenomena. Komponen-bagian dasar peta berserta teknik asumsi skala di bahas dalam bab ini.

BAB 19 SIG
Bab 19 membahas wacana pemanfaatan Sistem Informasi Geografi dalam kehidupan terbaru dikala ini. Perkembangan SIG juga dibahas beserta bagian-komponennya. SIG menjadi sebuah keperluan yang tidak mampu dipisahkan dalam kehidupan insan saat ini.

BAB 20 DESA KOTA
Bab 20 membicarakan perihal fenomena interaksi desa dan kota serta dampaknya bagi kedua kawasan tersebut. Beragam teori contoh keruangan desa dan kota juga diterangkan dengan ciri-cirinya.

BAB 21 PEWILAYAHAN
Bab 21 membahas ihwal teori-teori pewilayahan dan versi pengembangan wilayah di Indonesia semenjak zaman kemerdekaan hingga sekarang. Wilayah atau region ialah salah satu kajian utama geografi sehingga pemahaman tentang jenis-jenis wilayah merupakan sebuah keharusan dalam mata pelajaran geografi.

BAB 22 NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG
Bab 22 membahas wacana ciri-ciri Negara maju dan Negara meningkat berdasarkan berbagai aspek.  Contoh-contoh profil Negara maju dan Negara meningkat juga diulas untuk memperlihatkan citra perihal kondisi tiap Negara.