Blogger Jateng

Belajar Blank Map atau Peta Buta di Kelas

Merancang sebuah model pembelajaran di kelas memang suatu hal yang mesti dikerjakan oleh guru. Biasanya kita membuat RPP atau lesson plan sebelum pelajaran dilaksanakan. Pebuatan RPP ini biar scenario berguru di kelas berjalan baik dan siswa menadapatkan pengalaman/ilmu yang bermanfaat. 

Minggu kemarin aku mencoba memberikan cara baru untuk membuat anak belajar ihwal rancangan Negara maju dan Negara meningkat dengan menyenangkan.
Model yang aku gunakan yakni dengan blank map atau peta buta. Seringkali kita cuma membahas ihwal ciri atau pola Negara maju saja. Pemahaman lain yang sering dilupakan adalah ihwal bentuk fisik suatu Negara itu sendiri atau peta nya. 

Saya lihat di kurikulum Negara maju, sekolah-sekolah selalu memberikan pelajaran ihwal blank map ini dan saya adopsi dengan materi kelas XII perihal Negara maju dan berkembang.
Jadi alat yang harus diperlukan yaitu peta buta Negara-Negara di dunia dan Peta Negara di dunia atau atlas. Skenario pembelajarannya adalha selaku berikut:
Merancang sebuah model pembelajaran di kelas memang suatu hal yang harus dilakukan oleh gu Belajar Blank Map atau Peta Buta di Kelas
Peta Buta
1. Guru mencari data blank map di web. Ketik saja blank map England misalnya. 2. Print semua peta tersebut di kertas. 3. Saat di kelas, guru memberikan satu anak sekurang-kurangnya3 buah blank map. 4. Siswa lalu diinstruksikan untuk mencari Negara yang tepat dengan bentuk blank map nya di peta/atlas. 5. Siswa diminta mencatat nama Negara, batas Negara dan ibukotanya. 6. Jika memungkinkan, bisa juga dengan membawa HP untuk suplemen data wacana kondisi geografi negaranya. 7. Setiap anak/perwakilan anak nantinya harus mempresentasikan hasil temuannya.
Tentunya kita selaku guru cuma tinggal duduk mengawasi aktivitas siswa saja di kelas, enak to?. Siswa akan bergerak sendiri mencari Negara-Negara sesuai gambar yang diterima dan banyak anak yang senang dan cengar-cengir menyaksikan bentuk peta sebuah Negara. Selamat menjajal . Pengetahuan dasar geografi yaitu peta, jadi bila peta negaranya saja gak tau, terlebih kondisi negaranya.