Blogger Jateng

Baby Boom Indonesia Tahun 1950an

Ada yang tahu jumlah masyarakatIndonesia ketika ini?. Angkanya sudah diatas 250 juta jiwa dan ini terus meningkat setiap tahun.  Angka tersebut membuat Indonesia berada di rangking keempat dari jumlah populasi dunia dibawah Cina, India dan AS. Tapi tahukah kamu semenjak kapan sih populasi di Indonesia itu melesat tajam?.
Sebelum Indonesia merdeka tahun 1945, bahwasanya jumlah penduduk itu masih sungguh jarang. Pertumbuhan masyarakatmulai terjadi sehabis kemerdekaan yatu tahun 1950 yang dikenal dengan ungkapan Baby Boom. Apa aspek penyebab Baby Boom tersebut?.
Pada tahun 1950an, niscaya Indonesia selaku suatu negara baru berusia muda. Berbagai usaha untuk mendapatkan pengesahan kedaulatan dari negara lain pun dijalankan.  Kaprikornus pada abad tersebut Indonesia konsentrasi dalam upaya memertahankan kemerdekaan sehingga masalah kependudukan mirip menekan angka kelahiran belum menjadi prioritas. 

Justru kita lebih butuh pasukan alias bibit manusia Indonesia untuk menguatkan negara, bukan?. Keadaan politik masa itu juga masih belum baik ditambah invasi militer Belanda masih terjadi agar kemerdekaan Indonesia dibatalkan.
Faktor lainnya ialah soal ideologi. Masyarakat Indonesia kala itu masih tergolong tradisional yang menilai banyak anak memiliki arti banyak rezeki sehingga keluarga yang belum mapan pun masih terus memperbesar anak.
Ada yang tahu jumlah penduduk Indonesia saat ini Baby Boom Indonesia Tahun 1950an
Pergerakan Populasi Indonesia
Lahan-lahan pada periode kemerdekaan masih sungguh luas. Kebun-kebun terhampar dengan masyarakatmasih jarang.  Kamu tanya kakek kau di desa, punya lahan berapa hektar dari dahulu?. Orang yang hidup jaman dahulu tidak pusing memiliki lahan, beda halnya saat ini yang merepotkan dan mahal. 
Laju kemajuan masyarakatdi Indonesia ternyata masih terjadi sampai saat ini tetapi hanya mampu diperkecil beberapa persen di angak 1,5-2% per tahun.  Program KB di beberapa lokasi mampu sukses tetapi di tempat lain belum pasti. Sebenarnya jikalau disebar ke semua pulua, jumlah lahan dengan penduduk saat ini masih memadai. 

Hanya saja penduduk Indonesia masih terkonsentrasi di tempat padat mirip perkotaan, Jawa utamanya. Faktor ekonomi menjadi faktor utama dalam pola sebaran masyarakatdi Indonesia.
Itulah alasannya adalah Baby Boom terjadi di Indonesia dan pemerintah sepertinya mesti mengontrol petumbuhan dan persebaran penduduk biar merata. Ketimpangan akan terjadi jikalau kalau kemajuan masyarakattidak diimbangi dengan peningkatan kemakmuran. Baca juga: Rumus proyeksi penduduk

Gambar: tradingeconomics.com