Blogger Jateng

Aplikasi Analisa Butir Soal Pilihan Ganda Excel

Salah satu peran guru yaitu mengoreksi dan satu lagi yaitu "menilik" jawaban cobaan siswa. Model ujian yang biasa digunakan tetu adalah format PG atau opsi ganda. Untuk menciptakan lebih gampang mengoreksi dan mengusut tanggapan anak, pada potensi ini saya coba bagikan aplikasi analisa butir soal opsi ganda di MS Excel. Ini juga saya bisa dari sobat aku dahulu di Banjarmasin saat masih ngajar di sana. Untuk filenya silahkan download disini.
Untuk menggunakannya gampang saja, yang penting di laptop telah ada MS Office. Anda tinggal masukkan jawaban siswa saja, nanti akan terkalkulasi otomatis dari mulai nilai, ranking, persentase tanggapan, tingkat kesusahan dll. Skala di format penilaian ini ialah 0 -7. Jadi jika nilai 70 ya angka yang timbul 7, sama aja kan bahu-membahu. Berikut ini panduan penggunaan aplikasi evaluasi butir soal dengan MS Excel.
Buka file Aplikasi Analisa Butir Soal, maka akan muncul layar berikut
Isi data mulai dari nama sekolah sampai guru mapel, sehabis itu masuk ke INSERT DATA di bab bawah dan isikan data balasan siswa di sana.
Setelah semua terisi maka nantinya akan ada hasil otomatis ihwal nilai, ranking dan evaluasi soal lainnya
Add caption
  Silahkan diutak-atik saja sendiri dan kalau punya kesusahan, boleh bertanya di kolom komentar saja. Yang terang aplikasi ini berguna untuk membuat lebih gampang mengecek kemampuan siswa menjawab soal PG. Memang input jawabannya tidak mengecewakan kecapekan apalagi kalau siswanya banyak, namun balasannya kita tinggal lihat saja pribadi.