Blogger Jateng

Tahap Perkembangan Negara W.W Rostow dan Cirinya

Menurut kau sejauhmana sih pertumbuhan negara Indonesia saat ini?. Bagaimana cara menyaksikan perkembangan tersebut?. Salah seorang pemikir perihal Ilmu Pembangunan Negara era 20 yaitu W.W Rostow. 

Ia merupakan seorang ekonom Amerika Serikat ternama. Pendekatan pembangunan berpatokan pada prinsip modernisasi yang ditandai dengan negara barat yang perlahan maju dari keterbelakangan.

Baca juga:
Ciri penduduk pedesaan berdasarkan Parson
Terbentuknya gurun pasir di bumi
Geografi negara Perancis
Rostow mengambil pendekatan historis untuk mendeskripsikan perkembangan negara maju di Eropa. Negara-negara tersebut setidaknya melalui 5 tahap atau tingkat pertumbuhan dalam perekonomiannya yakni:
Menurut kamu sejauhmana sih perkembangan negara Indonesia saat ini Tahap Perkembangan Negara W.W Rostow dan Cirinya
Dubai Marina Bay, pic: globalgirltravels
1. Masyarakat Tradisional Masa ini ialah kurun dimana ekonomi berbasis pertanian mendominasi terutama subsistance farming. Bidang jasa dan jual beli masih belum meningkat pesat. Modal dan sumber daya insan yang terbatas membuat produktifitas kerja rendah sehingga output lebih dipakai untuk perekonomian dalam negeri dan tidak diekspor. 2. Pra Lepas Landas Masa ini pertanian mulai mengarah ke mekanik dan akhirnya mulai diperdagangkan. Investasi mulai tumbuh meskipun pemasukan nasional masih belum besar. Bantuan negeri mulai masuk dan pekerja dalam negeri mulai diekspor ke luar negeri. Masyarakat sudah mengenal simpanan, investasi dan pertanian dengan versi industri. 3. Lepas Landas Di fase ini industri manufaktur mulai meningkat pesat meskipun industri jumlahnya masih minim. Lembaga politik dan sosial mulai meningkat dengan keuangan dari luar masih dibutuhkan. Tabungan dan investasi meningkat dari 15% dari PDB. Disini mulai ada ketimpangan antara kekayaan di sektor manufaktur dengan pertanian. Stratifikasi sosial mulai marak terjadi. Baca juga: Wilayah formal dan fungsional 4. Kedewasaan Di abad ini, industri mulai beranekaragam dan menyebar dari sentra kota ke pinggiran. Barang-barang yang dibuat mulai beragam dengan harga bersaing. Pendapatan per kapita mulai meningkat dan berbagai inovasi canggih teknologi mulai timbul. 5. Konsumsi Tingkat Tinggi Pada era ini pendapatan yang meningkat menciptakan penduduk mulai banyak berbelanja. Serbuan produk gres dengan mudah diterima penduduk dan dibeli. Pendapatan tinggi maka pengeluaran juga tinggi. Gaya lebih diutamakan supaya tidak tertinggal oleh zaman. Keadaan ini mengakibatkan konsumerisme dan lingkaran setan di kelompok penduduk ekonomi kelas menengah ke bawah. Globalisasi memicu hal ini terjadi. Baca juga: Jenis-jenis proyeksi peta
Apakah semua negara mengalami 5 tahap kemajuan di atas?. Tentu tidak, lihat saja Singapura yang sekarang melesat tajam di sektor ekonominya. Atau lihat Uni Emirat Arab dengan Dubai City nya yang mengagumkan. Mereka tidak mengalami fase penduduk tradisional tetapi loncat ke tahap 3, 4 atau 5!. Jadi dikala ini karena perkembangan teknologi telekomunikasi dan transportasi, maka beberapa fase mampu dilewati.  

Baca juga:  
Terbentuk stalaktit dan stalagmit
Faktor penyelenggaraan pemerintahan tidak transparan
Faktor warna tanah berlawanan-beda