Blogger Jateng

Piramida Penduduk Ekspansi, Stasioner dan Konstruktif

Pernah lihat piramida di Mesir?, bentuknya mirip apa?. Lalu apa bedanya dengan piramida penduduk?. 

Piramida masyarakatmerupakan suatu grafik yang menawarkan struktur penduduk suatu negara dilihat berdasarkan umur dan jenis kelamin. 

Rentang usia yang digunakan dari 0 - 64 ke atas dan dibentuk dalam rentang interval usia 5 tahun. 

Fungsi piramida masyarakatsungguh vital bagi pembangunan manusia diantaranya: 
Baca juga: Perbedaan bukit dengan gunung
1. mampu mengenali gambaran biasa penduduk sebuah negara 2. dapat melihat perbandingan jumlah pria dan perempuan 3. untuk meramalkan kemajuan penduduk di kurun depan 4. untuk menyiapkan pembangunan sesuai data penduduk yang ada
Ada 3 jenis piramida penduduk yakni ekspansi, stasioner dan konstruktif
 Lalu apa bedanya dengan piramida penduduk Piramida Penduduk Ekspansi, Stasioner dan Konstruktif
Jensi Piramida Penduduk, pic: www.prb.org
Piramida Ekspansi Piramida masyarakatekspansif digunakan untuk menggambarkan populasi masyarakatyang dominan brada di usia muda dengan kelahiran tinggi. 

Piramida ini sering ditandai dengan bentuknya yang khas 'piramida segitiga', yang mempunyai dasar yang luas dan atas sempit.

Piramida masyarakatekspansif menunjukkan persentase lebih besar dari masyarakatdi kalangan usia yang lebih muda. Piramida ini banya dijumpai di negara-negara meningkat atau miskin. 

Angka kelahiran tinggi dan tidak diimbangi dengan tingkat kesehatan yang elok menciptakan persentase masyarakatusia muda sangat banyak. B aca juga: Soal titik henti dan cara menjawabnya
Mau pembahasan soal geografi lengkap?. 

Piramida Stasioner  Piramida penduduk ini digunakan untuk menggambarkan populasi yang tidak meningkat atau stagnan. Bentuknya dicirikan dengan persegi panjang, menampilkan persentase agak sama di seluruh kalangan umur yang lancip ke arah atas. 

Piramida ini menunjukkan karakteristik negara-negara maju dimana tingkat kelahiran rendah dan secara keseluruhan mutu hidup yang tinggi. Ini dimengerti dari jumlah masyarakatdi semua rentang usia tidak terlampau jauh. 

Baca juga:  
Konsep trickle down effect pembangunan
Indikator negara maju atau meningkat
Piramida Konstruktif Piramida penduduk konstriktif digunakan untuk menggambarkan populasi yang didominasi  bau tanah dan menyusut. Piramida konstriktif sering mampu terlihat seperti sarang lebah dan umumnya mempunyai bentuk terbalik dengan grafik meruncing di bab bawah. 

Piramida konstruktif memiliki persentase yang lebih kecil dari orang-orang di golongan usia yang lebih muda dan lazimnya karakteristik negara-negara dengan tingkat yang lebih tinggi dari pembangunan sosial dan ekonomi, di mana akses kepada pendidikan yang berkualitas dan perawatan kesehatan tersedia untuk sebagian besar penduduk

Produktifitas kerja tinggi menciptakan adanya pergantian teladan pikir di kaum wanita utamanya. Mereka enggan menikah dan punya anak bila belum berhasil. Hal ini sedang dialami oleh Jepang dikala ini.   Baca juga: Teori tempat sentral christaller