Blogger Jateng

Mengenal Geologi dan Cabang Ilmunya

Geologi suatu kata yang berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua suku kata, adalah geo yang memiliki arti bumi dan logos yang mempunyai arti wawasan atau ilmu. Dengan rangkaian kata itu  Geologi diartikan selaku ilmu wawasan bumi.

Apa yang dipelajari tentang bumi ini lewat Geologi?. Geologi ialah ilmu yang mempelajari tanda-tanda-tanda-tanda yang berkaitan dengan proses terbentuknya bumi, keberadaan bumi, serta fenomena lainnya yang berafiliasi dengan bentukan-bentukan alam mirip deretan batuan.

Geologi membuktikan aspek yang berhubungan dengan kebumian  yang sungguh kompleks, oleh alasannya itu untuk mengkaji secara lebih detail sudah ada cabang-cabang Geologi mirip terurai di bawah ini.
Geologi sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani yang terdiri Mengenal Geologi dan Cabang Ilmunya
Lava Basaltis, pic: hilo.hawaii.edu
a. Geologi Struktur yaitu ilmu yang mempelajari perihal susunan bumi serta keterkaitannya dengan jenis-jenis batuan yang terbentuk di kerak bumi.  b. Geologi Teknik yaitu ilmu yang mempelajari perihal keadaan permukaan bumi yang dikaitkan  dengan kekuatan tanah untuk menopang kontruksi bangunan, mirip gedung bertingkat, jalan raya, dan jembatan. c. Geologi Sejarah yaitu ilmu yang mempelajari ihwal evolusi kehidupan di permukaan bumi yang mencakup peradaban insan di permukaan bumi dan pengaruhnya terhadap lingkungan.  d. Palaeontologi yakni ilmu yang mepelajari ihwal fosil binatang dan tanaman yang terkandung dalam batuan dan juga tahap perkembangan kehidupan kurun lampau. e. Stratigrafi yakni ilmu yang mempelajari tentang lapisan-lapisan batuan baik proses terjadinya maupun sifat-sifatnya. f. Vulkanologi yaitu ilmu ihwal gunung api. g. Geologi Ekonomi ialah  cabang geologi yang mempelajari tentang jebakan batuan yang berguna bagi manusia (logam, batubara, minyak bumi, dan sebagainya). h. Geologi Tambang ialah cabang geologi yang mempelajari tentang penelusuran jebakan batuan berharga dan penambangannya. i. Geologi Kelautan ialah cabang geologi yang mempelajari kondisi geologi dasar lautan dan garis pantai. Topografi dan morfologi dasar maritim, penyebaran dan sifat sedimen dasar maritim, komposisi dan struktur batuan di bawahnya, dan proses-proses geologi dasar bahari j. Geomorfologi yakni ilmu yang mempelajari perihal proses-proses yang bekerjasama dengan bentukan-bentukan permukaan bumi dan pengaruhnya terhadap kobndisi lokal.