Blogger Jateng

Jenis-Jenis Pewilayahan

Ada beberapa cara untuk menetapkan suatu pewilayahan di permukaan bumi. Wilayah atau region bisa diklasifikasikan berdasarkan aneka macam persyaratan artinya bersifat relatif. Bumi ini merupakan wilayah dan di dalamnya dipisahkan ke dalam unit-unit kawasan khusus biar bisa dikenali lebih spesifik. 

Semua permukaan bumi ini tersusun atas berbagai macam komponen mulai dari daratan, laut, sungai, pegunungan dan lain sebagainya. Makara untuk membuat lebih mudah membedakan satu sama lain dibuatlah pembagian terstruktur mengenai wilayah.
Ada beberapa cara untuk menetapkan suatu pewilayahan di permukaan bumi Jenis-Jenis Pewilayahan
Pewilayahan di Amerika, pic: city-data.com
1. Berdasarkan daerah manajemen pemerintahan di Indonesia, diketahui daerah kekuasaan pemerintahan mulai dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan sampai dusun/RT/RW.
2. Berdasarkan kesamaan keadaan (homogenity) khususnya paling umum menurut kondisi fisikal. Contohnya berdasakan kesamaan kondisi fisik, Sumatera utara pernah dibagi menjadi pantai timur, pegunungan dan pantai barat. 

Ada juga penjabaran desa mirip desa pantai, desa pedalaman dan desa perbukitan. Selain itu indikator sosial budaya juga mampu dipakai seperti daerah Pasundan, kawasan Badui dan kawasan kampung Cina.
3. Berdasarkan ruang lingkup imbas ekonomi. Perlu dibuat dulu beberapa pusat perkembangan baik growth pole maupun growth centre kemudian dibentuk batasan efek pertumbuhannya. 

Batas imbas antara satu kota dengan kota lainnya hanya bisa dijalankan untuk kota yang punya ranking sama. Karena untuk kota yang ranking yang berada di bawah, maka kota kecil itu sendiri berada di bawah imbas kota yang lebih besar.
Contohnya sulit sekali untuk memutuskan batas efek antara Medan dengan Lubuk Pakam alasannya adalah banyak masyarakatLubuk Pakam yang bepergian berkala ke Medan. Jadi yang mampu dicari batas imbas tersebut yakni antara kota yang punya ranking sama mirip Lubuk Pakam dengan Perbaungan alasannya jumlah penduduknya tidak jauh bertentangan.
4. Berdasarkan wilayah perencanaan. Dalam hal ini ditetapkan batasan wilayah maupun daerah yang terdampak sebuah program atau proyek khusus seperti DAS Ciliwung, Proyek Jatigede dan lainnya. 

Wilayah penyusunan rencana ini dapat melibatkan beberapa kawasan administrasi. Proyek DAS Citarum mampu lewat wilayah 5 kabupaten, daerah pertanian, kawasan industri hingga menuju muara.

Baca juga: Kunci evaluasi erlangga bagian wilayah dan tata ruang