Blogger Jateng

Globalisasi itu Apa?

Istilah globalisasi sudah familiar di golongan penduduk , tetapi belum tentu kita paham ihwal desain globalisasi itu, bukan?. Saat ini kita berkomunikasi dan membuatkan budaya masing-masing daerah/negara melalui internet, travelling, atau perdagangan dan lalu lintas produk cuma dalam hitungan jam atau hari. 
Kita berada dalam kurun ekonomi global yang sangat cepat, dimana sesuatu yang terjadi di satu tempat akan dengan gampang tersebar ke berbagai penjuru hanya dalam hitungan detik. Inilah yang dimaksud globalisasi, sebuah kecepatan. 

Globalisasi ialah proses dimana dunia menjadi tidak ada batas lagi dan semua hal bisa dengan mudah berpindah dan melalui batas teritorial negara. 
Globalisasi telah memajukan bikinan barang dan jasa. Berbagai anak perusahaan kini menancap di seluruh negara tujuan. Proses ini telah dimulai selama ratusan tahun silam namun mengalami percepatan dalam setengah kurun terakhir seiring inovasi teknologi komunikasi dan transportasi. Globalisasi telah menciptakan:
- kenaikan jual beli internasional - pembukaan cabang perusahaan di lebih dari satu negara - ketergantungan pada ekonomi global - pergerakan modal, barang dan jasa yang bebas
Meskipun globalisasi mungkin membantu mengembangkan penghasilan negara meningkat , tetapi hal ini tetap menyebabkan terjadinya kesenjangan antara negara-negara miskin dan kaya di dunia. Berikut ini peta gambaran pendapatan tiap negara (per kapita) di dunia yang didapat dari BBC.
Rata-Rata Pendapatan Per Kapita Negara, pic: bbc.uk
Mengapa harus globalisasi? Ada beberapa aspek kunci yang memngaruhi proses globalisasi di dunia:
- Perbaikan transportasi, kapal kargo yang lebih besar meminimalisir biaya angkutanbarang. Dalam hal ini biaya per item mampu dikurangi ketika barang dibawa dalam jumlah banyak. Perbaikan angkutanjuga berarti bahwa barang dan manusia dapat melakukan perjalanan lebih singkat.
- Perdagangan bebas, organisasi seperti World Trade Organization, mempromosikan jual beli bebas antar negara yang membantu menetralisir kendala antar negara. - Perbaikan komunikasi, internet dan teknologi mobile telah memungkinkan komunikasi yang lebih besar antara orang-orang di seluruh dunia. - Ketersediaan tenaga kerja, negara-negara mirip India punya biaya lebih rendah dalam hal tenaga kerja dan skill mereka cukup mumpuni. Industri padat karya mirip tekstil dapat mengambil keuntungan dari ongkos tenaga kerja murah dan mengurangi pembatasan hukum di negara meningkat

Perusahaan Transnasional
Globalisasi telah menciptakan banyak bisnis dengan cara mendirikan atau berbelanja hak operasional di negara lain. Saat perusahaan abnormal berinvestasi di sebuah negara, mungkin dengan membangun pabrik maka ini dinamakan investasi masuk. 

Perusahaan yang masuk tersebut dinamakan perusahaan multinasional (MNC) atau perusahaan transnasional (TNC). Lihat saja Mc Donald yang punya hampir 30 ribu kedai makanan di 119 negara.
Mayoritas TNC berasal dari negara maju mirip AS dan Inggris. Banyak perusahaan multinasional lain berinvestasi di negara maju lain mirip halnya Ford punya pabrik di Inggris. Faktor TNC banyak menginvasi negara ialah: - materi baku murah - upah tenaga kerja murah - transportasi baik - kebijakan pemerintah lunak - akses pasar murah