Blogger Jateng

Curug Sempong, Air Terjun Tersembunyi di Majalengka

Kali ini aku akan ulas kembali wacana Curug Sempong yang berada di Kota Majalengka Jawa Barat. Sebetulnya goresan pena ini telah diulas di blog saya sebelumnya, namun alasannya adalah blog nya dicuri hacker jadi aku tulis lagi. 

Curug ialah bahasa sunda dan dalam bahasa Indonesia artinya yaitu teladas. Majalengka ialah salah satu kota kecil di Jawa Barat. Baca juga: Ke Jogja ya mesti ke Kalibiru
Kota kecil ini menyimpan peluangwisata geologi yang mempesona dan salah satunya yaitu Curug Sempong. Jadi ceritanya, tahun kemarin saya dan keluarga liburan ke penderasan ini, alasannya adalah bosan main ke mall melulu. Sebelum melihat apa saja yang ada di sana, aku jelaskan dahulu sedikit profil geologi Jawa Barat. 

Menurut geolog Van Bemmelen, tempat Jawa Barat potongan tengah masuk penjabaran daerah frustasi lipatan pegunungan (folded mountain) yang terbentuk karena gaya endogen. 
Kali ini saya akan ulas kembali tentang Curug Sempong yang berada di Kota Majalengka Jawa  Curug Sempong, Air Terjun Tersembunyi di Majalengka
Curug Sempong Majalengka
Kali ini saya akan ulas kembali tentang Curug Sempong yang berada di Kota Majalengka Jawa  Curug Sempong, Air Terjun Tersembunyi di Majalengka
Pemandangan Sekitar Curug Sempong
Majalengka berada di kawasan tengah Jawa Barat sehingga kota ini berada di antara lipatan pegunungan. Daerah lipatan pegunungan banyak terbentuk gerojokan mirip Curug Sempong salah satunya. 

 Curug Sempong berlokasi di Desa Sidamukti Kabupaten Majalengka. Dari sentra kota cuma berjarak sekitar 8 km. Anda tinggal menuju Alun-Alun Munjul dari pusat kota kemudian belok ke kiri dan masuk jalan desa. Baca juga: apa itu geyser?
Anda akan menyaksikan pemandangan pesawahan dan perbukitan di sepanjang jalan. Lebih baik anda naik motor jika ingin mendatangi Curug Sempong. Dan satu lagi, lebih baik anda berkunjung dikala demam isu kemarau alasannya adalah debit airnya lebih rendah dan anda bisa berenang di sana. Jika animo hujan Curug Sempong akan banjir dan tidak bisa dikunjungi alasannya adalah berbahaya.
Kali ini saya akan ulas kembali tentang Curug Sempong yang berada di Kota Majalengka Jawa  Curug Sempong, Air Terjun Tersembunyi di Majalengka
Kiran main di Curug
Lanjut lagi dari jalan desa tadi anda lurus terus saja dan nanti di sebelah kiri jalan akan ada papan nama yang mengambarkan arah menuju Curug. Anda akan masuk ke jalan yang lebih sempit lagi dan di ujungnya anda akan hingga di perkebunan kacang dengan jalan tanah merah. 

Motor cuma mampu diparkir di atas, anda mesti turun lagi ke bawah bukit sejauh 500 m untuk menuju Curug. Biaya masuk Curug Sempong sekitar 5.000 rupiah, murah saja. Jangan lupa bawa minuman, masakan dan baju salin juga jikalau mau berenang.
Anda harus menuruni bukit curam yang lumayan membuat pegal otot. Jalan lumayan licin dan anda mesti waspada. Saat hingga di Curug, anda akan menikmati suasana rimbun pepohonan dan gemercik air jernih mengalir dari Curug. 

Curug Sempong mempunyai ketinggian sekitar 10 m dengan dua kolam air (pool) di bawahnya. Kolam pertama memiliki kedalaman hingga 5 m dan bak kedua 4 m. Aliran lava purba yang membatu menghiasi pemandangan sekitar curug. Baca juga: Curug Leuwihejo lembap hijau tosca eksotik

Banyak juga orang yang mancing disana. Pastikan anda bisa berenang jika mau ke kolam, alasannya adalah kedalamannya cukup dalam. Objek wisata ini kini menjadi pesona gres wisata geologi Majalengka. 

Dengan hadirnya Bandara Kertajati nantinya diperlukan pariwisata di Majalengka semakin meningkat . Objek geologi ini juga dapat menjadi referensi edukasi dan pengamatan geologi yang menarik. Baca juga: Mau berenang di telaga nilem Kuningan?