Blogger Jateng

8 Unsur Interpretasi Citra Penginderaan Jauh

Produk penginderaan jauh intinya yakni foto udara. Foto udara atau citra ini lalu dianalisa atau ditinterpretasi oleh pengguna untuk aneka macam kepentingan. 

Bagaimana kita mampu mengenali objek-objek pada sebuah citra inderaja?. Kamu harus memahami terlebih dulu 8 bagian utama gambaran inderaja. Berikut ini penjelasannya:
1. Ukuran Setiap objek di permukaan bumi ini mempunyai ukuran tertentu bila dilihat dari udara. Misalnya kalau lapangan bola niscaya ukurannya akan lebih besar dibanding lapangan sekolah. Ukuran perumahan akan lebih luas dibanding sekolah. Dengan menyaksikan ukuran kita mampu menjajal mentafsirkan objek di peta tersebut.   2. Bentuk Bentuk suatu objek di permukaan bumi jika dilihat dari foto udara akan beragam. Contohnya perkebunan sawit akan memiliki bentuk seragam sedangkan hutan bakau memiliki bentuk tidak teratur. Bentuk mesjid bisa dilihat dari adanya kubah sedangkan bentuk jalan yaitu lurus dengan berbagai percabangan. 3. Bayangan Bayangan tercipta alasannya adalah adanya sinar matahari terhalang oleh sebuah objek. Bayangan bisa memberikan informasi perihal menara, ketinggian bangunan dan lainnya. Bayangan dipengaruhi juga oleh sudut perekaman.  4. Warna Warna memegang peranan penting kepada pengenalan suatu objek di foto udara. Contohnya dalam foto udara pankromatik, ladang jagung yang telah siap panen akan berwarna kuning sedangkan sungai hutan hujan akan berwarna hijau gelap. Jika memakai infrared, tumpahan minyak di laut mampu diketahui dari warnanya yang gelap.   5. Tone Tone merupakan kombinasi warna putih ke hitam. Dalam foto pankromatik, beberapa objek khusus mampu dilihat dari perbedaan tone ini. Contohnya pasir kering akan merefleksikan warna putih sedangkan tanah yang lembap akan mencerminkan warna kehitaman.
Produk penginderaan jauh pada dasarnya adalah foto udara 8 Unsur Interpretasi Citra Penginderaan Jauh
Foto Citra Ladang Panel Surya, pic: geoimage
6. Tekstur Tekstur yakni ukuran kekasaran suatu objek. Padang rumput luas akan mencitrakan tekstur halus di foto sedangkan hutan konifer akan mencitrakan tekstur condong bernafsu di foto. Tekstur dipengaruhi oleh skala foto juga.  7. Pola Pola adalah kecenderungan sebuah objek. Contohnya rel kereta akan berpola memanjang, padang gandung akan berpola terorganisir, perumahan akan berpola seragam dan yang lain.  8. Asosiasi  Kombinasi dari banyak sekali elemen objek di permukaan bumi dinamakan perkumpulan. Jika kamu melihat cerbong asap di foto pasti asosiasinya yakni dengan pabrik, bila menyaksikan hutan bakau pasti asosiasinya adalah dengan pantai.
Itulah 8 bagian spasial gambaran inderaja. Kepekaan daya gambaran masing-masing orang berlawanan-beda oleh karena itu dalam menerjemahkan foto udara mesti dilaksanakan secara sesungguhnya. 

Baca juga: Terbentuknya awan di langit