Blogger Jateng

Siklus Air dan Jenisnya

Menurutmu apakah jumlah volume air di bumi ini berganti atau tidak?. Mengapa ada tempat yang dilanda banjir dan ada yang kekeringan?.  Itulah serpihan dari dinamika air di bumi. Volume air di bumi ini pada dasarnya tidak berubah sebab adanya siklus air atau daur hidrologi. 

Siklus air adalah proses perputaran air di bumi. Volume air tidak bertambah tetapi cuma penyebarannya saja yang berlainan.  Siklus air terbagi menjadi siklus pendek, siklus sedang dan siklus panjang. Baca juga: Memahami el Nino dan la Nina
Untuk memahami wacana proses siklus air, lihat dahulu bagannya di bawah ini:
Menurutmu apakah jumlah volume air di bumi ini berubah atau tidak Siklus Air dan Jenisnya
Daur Hidrologi, pic:https://www.water-for-africa.org
Proses-proses yang terkait dengan siklus air diantaranya adalah: 1. evaporasi, merupakan proses berubahnya air menjadi uap air di perairan terbuka karena adanya pemanasan. 2. transpirasi, ialah proses berubahnya air menjadi uap air dari mahluk hidup. 3. kondensasi, ialah proses pembentukkan awan. 4. adveksi, merupakan proses pergerakan awan dari atas perairan terbuka menuju daratan. 5. sublimasi, ialah proses pergeseran uap air menjadi titik-titik es. 6. presipitasi, ialah proses jatuhnya air dari atmosfer ke permukaan bumi dalm bentuk hujan, salju atau es. 7. run off, ialah pedoman air di atas permukaan bumi. 8. steam flow, ialah fatwa air di batang tumbuhan dari atas sampai ke abwah 9. infiltrasi, ialah proses masuk air ke dalam pori-pori tanah. 10. perkolasi, ialah proses anutan air di dalam tanah.
Baca juga:
Macam-macam acuan ajaran sungai di bumi
Pergerakan angin muson dan dampaknya

Siklus air terbagi ke dalam tiga jenis ialah siklus pendek, siklus sedang dan siklus panjang.  a. Siklus pendek terjadi kalau pembentukan awan hujan terjadi di alut dan presepitasi terjadi di bahari pula. b. Siklus sedang terjadi jika pembentukan awan hujan terjadi di bahari dan awan tersebut kemudian bergerak ke daratan kemudian terjadi presipitasi. c. Siklus panjang terjadi bila pembentukkan awan hujan terjadi di laut kemudian awan tersebut terbawa sampai ke puncak pegunungan dan turun hujan disana.
Untuk lebih jelasnya coba lihat animasi siklus air di link berikut: