Blogger Jateng

Persebaran Fauna di Permukaan Bumi

Keberadaan fauna di atas permukaan bumi sungguh tergantung pada kondisi vegetasi yang hidup di kawasan tersebut. Baik tanaman maupun fauna, hidup mereka sangat dipengaruhi oleh aspek tanah atau edafik. Faktor tanah mengacu pada keadaan tanah yang memengaruhi toleransi hidup jenis tanaman dan fauna.   

Baca juga:
Jenis vegetasi hutan hujan tropis 
Teori kawasan sentral christaller
Faktor-aspek tanah terdiri atas keadaan tanah, mineral tanah, tekstur tanah, kandungan air dan kandungan udara. Dalam ekologi global, karakteristik topografi juga memengaruhi distribusi tanaman dan fauna. Contohnya fauna di daerah kering mirip gurun sangat berlawanan dengan fauna di daerah tropis. 

Meskipun demikian insiden petaka juga menimbulkan adanya pergantian dan persebaran jenis tanaman fauna. Secara tidak pribadi, iklim memengaruhi persebaran dan pengelompokan fauna di permukaan bumi selaku berikut:
Fauna Padang Rumput Karakteristik: 1. Didominasi fauna berbadan besar pemakan rumput 2. Jumlah binatang lebih banyak dibanding bioma darat lain Jenis hewan dan persebaran: 1. Zebra (Afrika), Kangguru (Australia), Bison (Amerika) 2. Terdapat predator herbivora besar seperti singa dan hiena. 3. Terdapat serangga seperti belalang, kumbang dan capung.
Keberadaan fauna di atas permukaan bumi sangat tergantung Persebaran Fauna di Permukaan Bumi
Bioma Sabana Afrika, pic:http://bioexpedition.com/
Fauna Gurun Karakteristik: 1. Sebagian besar terdapat binatang berbadan kecil dan hidup di lubang bawah tanah. 2. Hanya sedikit binatang berbadan besar. Jenis hewan dan persebaran: 1. Ular, pengerat dan kadal. Hanya unta yang berbadan cukup besar. Baca juga: Pergerakan angin muson di Indonesia

Fauna Tundra Karakteristik: 1. Memiliki bulu tebal untuk melindungi badan dari suhu cuek. Jenis hewan dan persebaran: 1. Beruang kutub, singa laut, anjing laut dan pinguin.
Fauna Hutan Hujan Karakteristik: 1. Siang hari, jarang ditemui binatang alasannya dasar hutan gelap dan pada umumnya hidup di atas pohon kanopi. 2. Biodiversitas sungguh tinggi. Jenis binatang dan persebaran: 1. Babi hutan, monyet, beruang, macan, macan, ular. 2. Terdapat predator mirip macan tutul (Afrika) dan jaguar (Amerika).
Baca juga: Faktor perbedaan warna tanah 
Fauna Hutan Gugur Karakteristik: 1. Hewan mengalami hibernasi atau tidur panjang dengan mengonsumsi banyak masakan pada dikala mulut mayoritas masbodoh dan bangun saat berita terkini semi. Jenis binatang dan persebaran: 1. Bernag-berang, rusa, rakun, bajing, burung pelatuk, rubah. 2. Beruang melakukan hibernasi.
Fauna Hutan Taiga Karakteristik: 1. Hanya sedikit binatang yang hidup di kawasan ini sebab isu terkini dingin cukup panjang dan isu terkini kemarau panas dan singkat. Jenis hewan dan persebaran: 1. Sebagian besar rusa dan sedikit beruang hutan dan serigala. 2. Terdapat burung yang bermigrasi ke sealtan pada trend gugur.

Baca juga: Faktor dan mitigasi tragedi banjir