Blogger Jateng

Gerhana Bulan dan Matahari

Gerhana atau eclipse ialah suatu fenomena alami astronomi yang melibatkan matahari, bumi dan bulan. Gerhana terjadi bila ketiga benda langit tersebut berada pada garis sejajar atau konjungsi. Ada dua jenis gerhana yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari.
a. Gerhana Bulan  Hal-hal yang mesti diingat pada insiden gerhana bulan adalah selaku berikut: - terjadi pada malam hari dikala bulan purnama. - posisi matahari-bumi-bulan sejajar. - bulan harusnya mendapatkan cahaya matahari tetapi terhalangi oleh bulan. - bulan memasuki bayang-bayang bumi. - waktunya lebih usang dari gerhana matahari.
Ada aneka macam jenis gerhana bulan yaitu sebagai berikut: - Gerhana Bulan Total. Pada kejadian ini bulan akan tepat berada pada daerah umbra (kerucut bayangan inti bumi). - Gerhana Bulan Sebagian. Pada insiden ini tidak seluruh cuilan bulan terhalangi dari matahari oleh bumi dan sebagian permukaan bulan lainnya berada di tempat penumbra (bayangan komplemen). Oleh sebab itu masih ada sebagian sinar matahari yang sampai ke permukaan bumi.
merupakan sebuah fenomena alami astronomi Gerhana Bulan dan Matahari
Gerhana Matahari (atas) dan Gerhana Bulan (bawah), pic:http://media.web.britannica.com
b. Gerhana Matahari Hal-hal yang mesti dikenang saat insiden gerhana matahari ialah selaku berikut: - terjadi dikala siang hari. - posisinya matahari-bulan-bumi sejajar. - bumi semestinya mendapatkan cahaya matahari tetapi terhalang oleh bulan. - terjadi bila bayangan bulan menutupi permukaan bumi. - berlangsung sebentar tidak lebih dari 6 menit.
merupakan sebuah fenomena alami astronomi Gerhana Bulan dan Matahari
Gerhana Matahari Cincin
Terdapat berbagai jenis gerhana matahari selaku berikut. - Gerhana matahari total. Terjadi pada saat bulan secara keseluruhan menutupi sinar mathaari yang menyembur ke bumi atau pada posisi umbra. Saat itu, bulatan bulan sama besar atau bahkan lebih besar dari bulatan matahari. - Gerhana matahari sebagian. Terjadi pada saat bulan (saat puncak gerhana) cuma menutup sebagian dari bulatan matahari. - Gerhana matahari cincin. Terjadi pada ketika bulan (pada dikala puncak gerhana) cuma membatasi sebagia dari bulatan matahari sehingga terlihat seperti cincin. Ukurna bulatan bulan lebih kecil dari bulatan matahari. Bagian bulatan matahari yang tidak tertutupi oleh bulatan bulan berada di sekeliling bulatan buan dan terlihat mirip cincin yang bercahaya.